Sukses

Lifestyle

5 Sikap agar Hati Tidak Gampang Gelisah dalam Hidup

Fimela.com, Jakarta Saat hati sedang gelisah, segala hal terasa tak memiliki arti lagi. Semua kegiatan yang dijalani tak memberi kedamaian. Bahkan pikiran kita rasanya penuh dengan hal-hal yang sulit untuk dipahami sendiri.

Agar hati tidak gampang gelisah dalam menjalani hidup, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan. Bisa dimulai dengan menerapkan sikap-sikap berikut ini dalam keseharian. Mari kita simak uraiannya di bawah ini.

1. Mau Menghadirkan Makna dalam Hidupmu

Kalau hatimu yang gelisah disebabkan oleh kebingunganmu dalam menetapkan langkah hidup, maka kamu bisa coba mulai untuk menemukan dan menghadirkan makna dalam hidup. Setidaknya temukan sesuatu yang bisa membuatmu bersemangat dalam menjalani keseharianmu. Mengutip buku Man's Search for Meaning, sebuah jajak pendapat publik dilaksanakan di Prancis beberapa tahun lalu menunjukkan bahwa 89 persen peserta mengakui bahwa manusia membutuhkan "sesuatu" agar dapat hidup. Saat kamu sudah menemukan "sesuatu" untuk diperjuangkan atau diwujudkan, kamu bisa lebih mudah menetapkan langkah dan arah hidupmu.

2. Mau Berkawan dengan Semua Emosi yang Dirasakan

Tak perlu membenci rasa gelisah yang kamu rasakan. Tak peralu merasa kesal dengan kecemasan yang hadir. Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Ketidakbahagiaan, kesedihan, atau yang kita anggap sebagai perasaan negatif, sebenarnya bukan musuh. Kadang kala kesedihan, kecemasan, dan kekecewaan adalah bagian dari perasaan normal yang terjadi." Saatnya untuk berkawan lebih akrab dengan semua emosi yang kamu rasakan agar kamu bisa lebih nyaman menjalani keseharianmu.

3. Mau Merawat Diri Lebih Baik

Cobalah untuk bersikap lebih peduli dengan kesehatan dan kondisi mental serta fisikmu. Bisa dimulai dengan melakukan latihan pernapasan. Mengutip buku Growing Up Mindful, "Menyetel ulang napas dengan latihan yang diniatkan dapa mengatur, menggeser, dan menstabilkan energi serta suasana hati. Latihan lain yang singkat, menyenangkan, dan mudah diingat adalah latihan napas 7-11." Latihan napas 7-11 adalah menarik napas selama tujuh hitungan lalu mengembuskan napas selama sebelas hitungan. Sehingga ketika rasa cemas hadir, kamu bisa kembali tenang dengan latihan pernapasan sederhana.

4. Mau Mencari Bantuan

Kalau kamu merasa sulit mengatasi perasaan gelisah yang hadir seorang diri, cobalah untuk mencari bantuan yang kamu perlukan. Mencari dan meminta bantuan bukan berarti kamu lemah. Justru ini menunjukkan bahwa kamu memiliki keberanian untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Bersikap lebih terbuka dan mau mencari bantuan akan memudahkanmu untuk mendapatkan kenyamanan dan ketenangan yang kamu perlukan.

5. Mau Menyayangi Diri Sendiri

Saatnya untuk lebih menyayangi diri sendiri. Bisa dimulai dengan memperbanyak afirmasi positif untuk diri sendiri. Melansir laman Happier Human, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Oxford University Press menemukan bahwa afirmasi bisa mengurangi stres, meningkatkan kesehatan, meningkatkan performa akademik, dan membuat orang lebih terbuka terhadap perubahan perilaku. Sikap menyayangi diri sendiri akan membantumu bisa bertahan melewati masa-masa sulit juga.

Semoga ke depannya kamu bisa lebih tenang dalam menjalani hidup, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading