Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang Bermental Kuat dari Cara Mengatasi Masalah

Fimela.com, Jakarta Kehidupan yang kita jalani tak selamanya terasa mudah. Masalah bisa datang silih berganti. Ujian dan cobaan hidup pun bisa menerpa di cara dan waktu yang tak pernah kita duga. Kalau kita tidak membekali diri kita dengan kemampuan untuk mengatasi masalah dengan baik, maka kita bisa gampang stres dan terpuruk dalam hidup.

Selama ini sebenarnya mungkin kamu sudah punya mental yang kuat. Dari caramu menyikapi dan mengatasi masalah, kamu punya kemampuan bertahan hidup dengan tangguh. Kali ini mari kita bahas lima karakter yang biasanya dimiliki orang bermental kuat dilihat dari caranya mengatasi masalah.

1. Punya Resiliensi yang Baik

Saat muncul masalah, kamu tak gampang panik. Kamu justru berusaha untuk tetap tenang menyikapinya sebab kamu punya resiliensi yang baik. Mengutip buku Almost Adulting, resiliensi dikenal sebagai proses adaptasi seseorang saat menghadapi masalah, kesulitan, trauma, atau stresor yang cukup berat. Saat kamu bisa melatih diri untuk beradaptasi dengan perubahan yang hadir dari setiap persoalan hidup yang muncul, maka kamu bisa lebih kuat dalam menjalani hidup.

 

 

2. Berani Menerima Konsekuensi

Mental yang kuat tak selalu ditandai dengan mampu mengatasi semuanya dengan sempurna. Sebab apa pun pilihan dan jalan keluar yang kamu ambil pasti ada konsekuensi yang harus diterima. Melansir laman Psychology Today, salah satu tanda orang bermental kuat adalah mampu menerima konsekuensi atas pilihan yang diambil. Sehingga bisa lebih berani bertanggung jawab atas setiap tindakan dan dampak atas pilihan tersebut.

3. Mau Membuat Perbaikan

Ketika kamu mau dan terbuka membuat perbaikan dalam hidup, maka kamu bisa lebih mudah bertahan di masa-masa sulit. Setiap masalah yang hadir pun tak kamu anggap sebagai mimpi buruk lagi, tetapi sebagai peluang untuk membuat perbaikan. Setiap perbaikan diri yang kamu upayakan pun bisa membentuk pribadimu jadi lebih kuat lagi.

4. Bisa Memetik Pelajaran dari Tiap Kejadian

"Memetik pelajaran berarti menemukan sesuatu yang bermakna. Mencoba tak terlalu terlibat dengan banyak hal negatif, tapi melatih diri untuk mengetahui apa yang harus kita lakukan," kutipan menarik dari film Stutz ini memberi sudut pandang yang bagus soal menyikapi hal buruk atau masalah dalam hidup. Ketika kamu bisa tetap terbuka dan mau memetik pelajaran dari setiap kejadian yang kamu alami, maka kamu sebenarnya telah "naik kelas" dan siap untuk menyambut kehidupan yang lebih baik lagi.

5. Mampu Mengapresiasi Usaha yang Dilakukan

Sikapmu yang mau dan mampu mengapresiasi setiap usaha yang kamu lakukan bisa membantumu kuat bertahan hadapi masa sulit. Menyayangi diri sendiri menjadi fondasi kuat yang bisa membuatmu tetap melangkah ke depan. Kamu pun bisa lebih mengapresiasi anugerah kehidupan yang kamu miliki.

Lima hal di atas hanya sebagian dari banyak karakter lain yang dimiliki orang bermental kuat. Semoga kamu pun termasuk orang dengan mental yang kuat juga, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading