Sukses

Lifestyle

5 Sikap Sabar yang Membuat Mental Makin Kuat

Fimela.com, Jakarta Saat sedang curhat dan menceritakan persoalan berat yang kita alami pada seseorang, seringkali respons yang kita dapatkan adalah harus bisa lebih bersabar lagi. Apalagi ketika masalah kita belum ada jalan keluarnya, maka bersabar bisa menjadi cara untuk bisa bertahan melewati masa sulit yang ada. Namun, harus bersabar yang bagaimana agar mental bisa lebih kuat?

Berikut ada sejumlah tips yang bisa dicoba agar bisa menjadi pribadi yang lebih sabar. Dengan harapan, mental kita bisa lebih kuat lagi dalam menjalani hidup. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Berprasangka Baik

Mengutip buku Healing the Emptiness, "Sabar membutuhkan kepasrahan pada kerangka waktu Tuhan—bukan kerangka waktu kita sendiri." Agar mental bisa lebih kuat kita perlu menjaga prasangka baik. Bersabar membutuhkan keberanian besar, salah satunya adalah keberanian untuk bisa melihat sisi baik dari segala sesuatu. Menjaga harapan baik juga bisa dilakukan agar mental menjadi lebih kuat lagi. Saat kita tak tahu apa yang akan terjadi ke depannya, kita bisa menjaga prasangka baik bahwa Tuhan akan selalu menjaga kita dan menghadirkan hal-hal yang kita butuhkan di waktu yang paling tepat.

2. Menerima Hal yang Tak Bisa Diubah

Agar beban di pundak bisa terasa lebih ringan, turunkan hal-hal yang sudah tidak semestinya kamu panggul. Agar langkah kakimu lebih ringan, letakkan beban yang berlebihan. Kadang untuk bisa memiliki mental yang lebih kuat, kita perlu merelakan dan melepaskan hal-hal yang sudah tidak bisa diubah dan berada di luar kendali diri kita.

3. Berbaik Hati pada Diri Sendiri

Untuk bisa bersabar lagi, cobalah untuk berbaik hati pada diri sendiri. Saat kita sudah mengusahakan semua hal sebaik mungkin sesuai dengan kemampuan dan kekuatan kita, maka kita perlu meluangkan sedikit waktu untuk bisa mengapresiasi itu semua. Dengan begini, kita bisa menjaga pandangan yang lebih positif atas kehidupan yang kita jalani dan dapat berpikir lebih jernih saat menghadapi masalah.

4. Mengusahakan Hal-Hal yang Masih dalam Kendali Diri

Bersabar bukan berarti bersikap pasif dan tidak melakukan apa pun. Justru mental kita bisa makin kuat saat kita masih mau dan mampu mengusahakan hal-hal yang masih dalam kendali diri kita. Tiap kali ada langkah baru yang kita ambil dan terus berjalan ke depan, yakin saja akan selalu ada kekuatan baru yang hadir di dalam diri.

5. Beradaptasi dengan Situasi Baru

Bersabar bisa dihadirkan dengan kemauan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dan hal-hal baru yang dihadapi. Dengan kemampuan ini, kita bisa lebih mudah bertahan melewati masa-masa sulit. Seperti pohon yang perlu melengkungkan batang dan rantingnya saat menghadapi angin besar, kita pun kadang perlu sedikit meluweskan sikap kita untuk bisa bertahan melewati masa sulit.

Semoga apa pun masalah yang sedang kamu hadapi saat ini bisa segera ketemu jalan keluar terbaiknya, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading