Sukses

Lifestyle

4 Hal yang Perlu Diubah agar Hidup Lebih Bahagia

Fimela.com, Jakarta Selama ini kita sibuk mencari di mana kebahagiaan, dan makin kita mencarinya dari luar diri maka kita bisa makin sulit menemukannya. Bisa jadi kebahagiaan itu sebenarnya sudah ada di dalam diri. Sudah ada di dalam genggaman kita, dan yang perlu kita lakukan adalah membuat beberapa penyesuaian baru.

Berikut ini ada empat hal yang bisa diubah sebagai langkah awal untuk menjadi pribadi yang lebih bahagia. Perubahan ini terkait dengan pola pikir kita dan sudut pandang kita. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Mengubah Kebiasaan Membanding-bandingkan Diri

Mengutip buku Healing the Emptiness, "Kita melewatkan waktu berjam-jam setiap hari menonton 'kehidupan sempurna' orang lain yang ditampilkan secara daring, dan banyak dari kita tertipu oleh khayalan tersebut. Jadi, ketika terjadi kesusahan, kebanyakan orang akhirnya merasa 'terdiskriminasi''. Jika Anda percaya bahwa orang lain memiliki kehidupan yang sempurna dan Anda juga berhak atas kehidupan yang sempurna, ketika tantangan muncul, Anda akan merasa diperlakukan 'tidak adil'." Saatnya untuk mengubah kebiasaan membanding-bandingkan diri dengan kebiasaan untuk mengapresiasi setiap perjalanan yang dimiliki tiap orang. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah bahagia sebab fokusmu bisa terpusat pada hal-hal yang lebih bermakna dalam hidupmu.

2. Mengubah Kebiasaan Menunggu Validasi Orang Lain

Tak perlu menunggu validasi orang lain untuk bisa bahagia. Jangan bergantung pada pengakuan orang lain untuk bisa memiliki kehidupan yang bahagia. Mengutip buku Happiness Inside, kebahagiaan adalah sesuatu yang sangat sederhana, dan saking sederhananya sampai-sampai tidak banyak yang percaya. Untuk bahagia, kita perlu mencari dan menemukannya dari dalam. Jadi, tak perlu selalu mengharapkan validasi dari orang lain untuk bahagia.

3. Mengubah Pandangan terhadap Diri Sendiri

Kalau selama ini kamu sering memandang negatif dirimu sendiri dan terus menyalahkan diri sendiri atas semua hal yang terjadi dalam hidup, kini coba ubah pandangan itu. Cobalah untuk menghadirkan pandangan yang lebih positif kepada diri sendiri. Hargai dan sayangi dirimu apa adanya. Maka, dengan begitu harga dirimu juga bisa ikut membaik dan hal ini bisa mendatangkan kebahagiaan sendiri.

4. Mengubah Rasa Malas

Saatnya untuk mengubah rasa malas menjadi energi untuk melakukan hal-hal yang lebih bermakna dalam hidup. Kalau selama ini kamu hanya mengikuti rasa malas, kamu bisa makin jauh dari titik kebahagiaan yang kamu harapkan. Hadirkan kedisiplinan dan motivasi diri yang lebih kuat untuk menjalani rutinitas yang lebih produktif. Tekuni bidang yang kamu sukai dan buat pencapaian baru, dari sini kamu bisa menemukan kebahagiaan baru.

Saatnya untuk meraih dan menciptakan kebahagiaanmu sendiri. Bisa dimulai dari mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang lebih baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading