Sukses

Lifestyle

4 Sikap agar Tidak Gampang Iri dengan Kehidupan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Salah satu hal yang membuat kita sulit bahagia adalah rasa iri yang begitu dalam. Kita akan makin sulit menjalani hidup kita sendiri dengan bahagia kalau kita terus menerus merasa iri tiap kali melihat kehidupan orang lain. Meskipun mungkin pada praktiknya tidak mudah untuk hidup tanpa rasa iri, tetapi ada sejumlah hal yang bisa kita upayakan untuk mengurangi rasa iri.

Berikut ini sejumlah tips yang bisa dicoba agar tidak gampang iri dengan kehidupan orang lain. Bisa dimulai dari menerapkan sejumlah sikap yang lebih baik berikut ini. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Fokus pada Berkah yang Kita Dapatkan

Sikap mensyukuri semua yang sudah kita miliki bisa bantu mengurangi rasa iri. Mengutip buku Healing the Emptiness, syukur juga merupakan penawar rasa iri dengki. Sering kali yang membuat kita tidak bahagia adalah ketika melihat kehidupan kita sendiri, kita berfokus pada kesulitan kita, alih-alih berkah yang kita dapatkan. Daripada makin tidak bahagia karena selalu merasa iri dengan hal-hal yang didapatkan oleh orang lain, cobalah untuk fokus mensyukuri berkah yang sudah ada dalam kehidupan kita sendiri. Dengan sikap ini kita bisa menghadirkan lebih banyak energi positif untuk diri kita sendiri.

2. Menerima Keadaan dengan Tulus Hati

Saatnya untuk lebih sering bersikap legawa, yaitu dapat menerima keadaan atau sesuatu yang menimpa dengan tulus hati. Sikap ini bisa membuat kita lebih tenang. Saat ada orang yang memiliki pencapaian hidup yang baru, kita bisa ikut bahagia. Jika ada hal buruk yang menimpa mereka, kita bisa berusaha untuk berempati. Begitu juga dengan menghadapi hal-hal yang terjadi di dalam kehidupan kita sendiri, dengan sikap legawa kita bisa lebih mudah menikmati kehidupan kita tanpa terus dibayangi rasa iri dengan kehidupan orang lain.

3. Menjaga Prasangka Baik

Makin sering berprasangka buruk, makin sulit kita menghilangkan rasa iri dalam diri kita. Cobalah untuk lebih sering bersikap menjaga prasangka baik dalam keseharian. Dengan kemampuan ini kita bakal lebih mudah menata hati dan perasaan kita dalam menghadapi situasi apa pun. Perasaan pun bisa lebih tenang saat kita bisa memenuhinya dengan hal-hal baik dan positif.

 

 

4. Lebih Sering Mengapresiasi Hal Baik

Tingkatkan intensitas kebiasaan mengapresi setiap hal yang dijumpai dalam hidup. Sesederhana atau sekecil apa pun hal yang kita lakukan, hargai itu sebaik mungkin. Meskipun hal-hal yang kita miliki dalam hidup sepertinya masih belum ada apa-apanya dibandingkan yang dimiliki orang lain, kita bisa tetap menghargai itu semua sebagai bagian dari upaya kita untuk menjalani hidup dengan lebih bermakna tanpa rasa iri berlebihan.

Semoga ke depannya kita bisa menjalani hidup dengan hati yang lebih bahagia tanpa rasa iri berlebihan, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading