Sukses

Lifestyle

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar yang Sering Terjadi

Fimela.com, Jakarta Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer atau kebutuhan manusia yang wajib dipenuhi. Tanpa pakaian, manusia akan kesulitan bertahan hidup karena pakaian berfungsi untuk menghangatkan tubuh ketika cuaca sedang dingin.

Namun pakaian harus dicuci secara berkala agar kebersihannya terjaga. Selain bikin tak nyaman, pakaian yang kotor juga bisa membuatmu sakit karena di dalamnya terdapat berbagai debu atau bakteri.

Oleh karena itu, kamu harus rajin mencuci pakaianmu. Kamu bisa mencucinya menggunakan cara manual atau dengan bantuan mesin cuci agar lebih praktis. Namun sayangnya mesin cuci bisa sewaktu-waktu rusak, seperti tiba-tiba tidak berputar.

Namun jangan khawatir, mesin cuci yang tidak berputar masih bisa diatasi kok. Berikut cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar yang kamu alami.

Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar

1. Sabuk Pengering Aus

Jika pengering mengeluarkan suara mendukung tetapi tidak mau berputar maka satu penggerak mengering yang memutar deum bisa aus atau rusak. Untuk mengetahui indikasi jika sabuk pengering rusak ada baik nya jika kamu mengambil bagian dalam pengarang dan mencoba untuk memutar drum secara manual. Jika drum berputar dengan mudah tanpa ada hambatan maka sapu pengering kemungkinan penyebab nya.

2. Sabuk Pengering Lepas

Penyebab lainnya bisa jadi dari drum yang tidak mau berputar ketika bel terlepas dari katrol idler atau roller pendukung drum. Untuk mendiagnosis masalah ini kamu perlu mengakses sabuk mengering dan puli, tergantung pada kondisi sabuk dan puli kamu harus memasang kembali sabuk dan puli atau mengganti sabuk yang aus atau puli yang rusak.

3. Katrol Rusak

Katrol akan membantu memutar drum pengering dengan memberikan tegangan pada satu penggerak, ketika katrol bekerja dengan benar maka ketegangan akan memastikan sabuk tidak jatuh dari drum. Jika pengering berdengung dan drum tidak berputar maka katrol yang rusak mungkin menjadi salah satu penyebab nya.

4. Rol atau Drum Aus

Drum pengering didukung oleh roll yang dapat membantunya untuk berputar, beberapa model memiliki dua atau lebih roll yang menumpang pada bagian belakang drum sementara model lain mungkin memiliki dua roll untuk menopang bagian depan drum juga. Jika roler atau porosnya aus maka drum akan kesulitan atau gagal untuk berputar.

5. Bantalan Pendukung Drum Aus

Dengan beberapa mengering drum pengering didukung oleh pantangan di bagian belakangnya. Bantalan terletak di tengah dukungan gram jika bantalan telah aus maka drum mengeluarkan banyak suara dan ketika satu penggerak dilepas terkadang drum tidak akan berputar.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar

Setelah mengetahui penyebab mesin cuci tidak berputar, sekarang kamu bisa memperbaikinya. Begini cara memperbaiki mesin cuci yang tidak berputar:

  • Jika terdapat banyak muatan di tabung, kurangi beberapa pakaian dari dalam tabung untuk membuat mesin berputar. 
  • Kabel listrik dinamo kemungkinan putus karena digigit tikus atau memang sudah tua. Ganti kabel listrik dinamo dengan yang baru untuk dapat mengalirkan daya listrik.
  • Tabung juga akan berhenti bergerak jika tali karet yang menyambungkan dinamo dengan tabung kendur. Ganti tali yang kendur tetapi jangan mengeratkannya terlalu kencang agar tidak putus.
  • As dinamo yang kotor akan membuat dinamo macet. Bersihkan as agar tidak tersumbat kotoran dan dapat bekerja dengan optimal.
  • Lid switch harus diganti dengan yang baru untuk mendeteksi bahwa pintu mesin cuci sudah tertutup dengan rapat. Untuk mengurangi kerusakan, tekan tombol pause atau on/off untuk memberhentikan mesin cuci yang sedang bekerja.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading