Sukses

Lifestyle

Agar Tidak Gampang Berpikiran Negatif, Cara Sederhana Ini Bisa Dicoba

Fimela.com, Jakarta Ketika kita berpikiran negatif segala hal tampak buruk. Bahkan semua hal yang kita lihat dan rasakan seolah membuat kita merasa terancam atau membuat kita makin terpojokkan. Padahal kenyataannya semua hal negatif itu hanya ada di dalam kepala, dan bukan ada dalam realitas yang ada.

Agar tidak gampang berpikiran negatif, ada cara sederhana yang bisa dicoba. Cara ini pun bisa membantu kita bisa lebih tenang dalam menjalani hidup. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

Temukan, Hentikan, Gantikan

Dalam buku Think Like a Monk, Jay Shetty memaparkan teknik sederhana untuk menyikapi pikiran negatif. Dia memiliki formula temukan, hentikan, dan gantikan untuk memproses pikiran negatif.

"Pertama, kita menyadari perasaan atau permasalahan—kita menemukannya. Kemudian kita berhenti sejenak untuk menghadapi perasaan apakah itu dan dari mana asalnya—kita berhenti untuk merenungkannya. Dan terakhir, kita memperbaiki perilaku kita—kita mengganti cara kita memproses situasi tersebut dengan yang baru," papar Jay dalam bukunya tersebut.

Cara yang Sederhana tetapi Cukup Efektif

Dengan teknik temukan, gantikan, dan hentikan, kita bisa lebih tenang dalam memproses pikiran negatif. Emosi dan perasaan kita bisa lebih stabil dengan meluangkan sedikit waktu untuk memprosesnya.

Memang butuh kesabaran dan kesadaran diri yang baik untuk mempraktikkan cara tersebut. Namun, ketika kita bisa benar-benar mengikuti instruksi tersebut dengan baik, maka kita bisa mengatasi pikiran negatif dengan lebih baik pula.

Semoga ke depannya kita bisa lebih baik dalam mengelola dan mengontrol emosi serta perasaan kita. Dengan demikian, kita bisa lebih tenang dalam menjalani hidup.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading