Sukses

Lifestyle

5 Karakter Orang yang Punya Mental Sangat Kuat

Fimela.com, Jakarta Memiliki mental yang kuat bisa membuat kita lebih mudah hadapi masa-masa sulit. Setidaknya dengan mental yang kuat kita akan selalu punya alasan untuk terus melangkah ke depan dalam hidup. Ketika terpuruk atau berada di titik terendah pun, bisa selalu punya cara untuk bangkit lagi.

Orang yang punya mental kuat biasanya punya karakter tersendiri. Lima hal ini biasanya dimiliki oleh orang yang punya mental sangat kuat. Mungkin kamu juga selama ini sudah memilikinya. Selengkapnya, mari kita simak uraiannya di bawah ini.

1. Tenang dalam Menyikapi Masalah

Sikapmu yang tenang juga bisa mencerminkan mental yang kuat di dalam dirimu. Bahkan ketika kamu terbiasa melatih pernapasan untuk tenangkan diri, maka sebenarnya kamu punya jiwa yang sangat tangguh. Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Salah satu cara untuk menenangkan pikiran yang sedang ramai adalah menenangkan tubuh yang sedang stres. Dengan membuat tubuh rileks, denyut jantung melambat dan pikiran kita juga cenderung akan lebih longgar." Kemampuan mengelola emosi dan mengontrol diri yang baik dapat diperoleh dengan latihan kesadaran diri yang baik pula.

2. Berpandangan Positif

Meyakini bahwa semua hal yang terjadi dalam hidup adalah bagian dari proses pendewasaan diri bisa membuatmu lebih mudah bertahan hadapi masa sulit. Saat kamu bisa senantiasa menjaga pandangan positif dan meyakini setiap hal punya maknanya sendiri, maka ada mental kuat di dalam dirimu. Mengutip buku Healing the Emptiness, "Beberapa penelitian lintas budaya pada awal pandemi COVID-19 menemukan bahwa peningkatan makna berdampak besar pada kesehatan mental. Studi-studi ini mendapati bahwa peningkatan makna dikaitkan dengan resiliensi yang lebih besar, menurunnya kecemasan dan kesusahan, dan fungsi yang bekerja lebih baik. Selain itu, meningkatkan makna dengan sengaja dapat meningkatkan resiliensi." Pandangan positif bahwa segala sesuatunya punya maknanya sendiri dalam hidup mencerminkan mentalmu yang tangguh.

3. Bijaksana dalam Melihat Gambaran Besar Persoalan

Di balik sikap bijak seseorang, ada mental kuat yang ia miliki. Mengutip buku Growing Up Mindful, kebijaksanaan diartikan sebagai melihat hal sebagaimana adanya dan memilih bagaimana akan bertindak. Dengan memiliki kebijaksanaan yang baik, kita bisa melihat segala sesuatu dengan lebih jelas sehingga tahu apa yang akan dilakukan selanjutnya. Dengan sikap ini kamu pun bisa lebih mudah bertahan lewati masa sulit sebab meyakini setiap kesulitan pasti disertai dengan kemudahan.

4. Mandiri secara Emosional

Melansir laman The Truly Charming, kemandirian emosional berarti tidak bergantung pada orang lain untuk validasi, kebahagiaan, atau bentuk makanan emosional lainnya. Saat kamu memiliki kemandirian ini, kamu bisa menjalani kehidupanmu dengan cara yang lebih bermakna tanpa harus selalu merepotkan orang lain. Serta kamu bisa menjadi pribadi yang bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai macam persoalan.

5. Bersemangat Belajar Hal Baru

Orang yang bermental kuat juga punya semangat belajar yang tinggi. Menyadari bahwa perubahan akan senantiasa menyertai kehidupan yang dijalani, maka semangat untuk terus belajar hal baru perlu dimiliki agar bisa lebih mudah beradaptasi dengan semua hal yang ada. Apalagi saat kamu mengikuti konsep growth mindset, maka ketajaman pikiranmu bisa terus terasah. Mengutip buku Almost Adulting, growth mindset adalah pola pikir yang percaya bahwa kecerdasan itu dapat tumbuh. Sehingga kamu bisa lebih kuat dalam menghadapi berbagai persoalan baru yang hadir dalam hidup.

Itu tadi lima tanda orang yang punya mental kuat. Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, apa lagi yang bisa menjadi tanda seseorang memiliki mental yang kuat?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading