Sukses

Lifestyle

4 Sikap Tenang agar Tidak Gampang Berpikiran Negatif

Fimela.com, Jakarta Saat pikiran negatif hadir kadang rasanya kita seperti diterpa ombak besar. Ombak tersebut membuat kita tak bisa melakukan apa-apa, bahkan akhirnya membuat kita ikut terseret dan tenggelam jauh ke dasar lautan. Jika sudah begini rasanya kita tak bisa melakukan apa-apa saat pikiran negatif itu hadir.

Namun, bukan berarti kita tak bisa berdamai dan berkawan dengan pikiran negatif. Kita bisa mengubah sudut pandang kita tentang pikiran negatif. Dengan demikian, kita bisa lebih tenang menjalani hidup tanpa pikiran negatif yang berlebihan. Caranya bisa dimulai dengan strategi sederhana ini.

 

 

1. Mau Belajar Memahami Diri

Mengutip buku Think Like a Monk, "Kita akan lebih siap menghadapi energi negatif saat berada dalam posisi memahami. Respons paling sederhana adalah dengan mundur perlahan-lahan." Cobalah untuk mendorong diri untuk mau belajar memahami perasaan dan pikiran yang hadir. Sebelum bersikap reaktif, cobalah untuk mengambil jeda sejenak untuk memahami alasan atau akar penyebab pikiran negatif itu hadir. Dengan demikian, kita bisa lebih mudah menentukan langkah yang perlu diambil untuk bisa lebih tenang.

 

 

2. Mau Lebih Terbuka

Cobalah untuk bersikap lebih terbuka dalam menyambut hadirnya pikiran negatif yang ada. Dalam arti sikapi kehadiran pikiran negatif itu dengan menganggapnya sebagai hal baru atau perubahan baru yang perlu disikapi dengan tangan terbuka. Agar dengan demikian, kita bisa lebih mudah berpikir jernih untuk berdamai dengan kehadiran pikiran negatif tersebut.

 

 

3. Mau Berprasangka Lebih Baik

Cobalah untuk bersikap lebih ramah setidaknya kepada diri sendiri. Dapat dimulai dengan menghadirkan prasangka baik. Gantikan pikiran negatif dengan hal-hal yang baik dari sudut pandang yang lebih positif. Dengan begitu, kita bisa mencegah diri kita agar tidak terseret arus ombak yang mungkin akan menenggelamkan kita.

 

4. Mau Lebih Menghargai Diri

Hindari sikap makin membenci diri sendiri atas pikiran negatif yang hadir. Cobalah untuk lebih menghargai dirimu sendiri. Hargai upayamu yang sudah berusaha untuk melakukan upaya dengan maksimal. Walaupun pikiran negatif sempat membuatmu merasa kehilangan arah atau tersesat, cobalah untuk lebih apresiatif atas semua usaha yang sudah kamu lakukan dengan baik hingga saat ini.

Itu tadi strategi sederhana yang bisa dicoba agar tidak gampang berpikiran negatif dalam menjalani hidup. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading