Sukses

Lifestyle

Orang Bermental Kuat Punya 5 Karakter Unik Ini

Fimela.com, Jakarta Kalau mental yang kuat dimaknai dengan kemampuan bisa bertahan hadapi masa-masa sulit dalam hidup, maka bisa jadi selama ini sudah memiliki mental kuat tersebut. Orang yang mampu jalani hidup dengan keberanian melangkah ke depan biasanya punya karakter-karakter yang lebih istimewa.

Berikut ini lima karakter unik yang biasanya dimiliki orang bermental kuat. Orang dengan karakter ini umumnya tak gampang menyerah atau putus asa dalam menjalani hidup. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Berpikiran Terbuka

Sikapmu tenang dalam menghadapi setiap persoalan yang ada. Sebab kamu punya kemampuan untuk berpikir lebih terbuka dengan menganggap setiap ujian dan cobaan hidup hadir untuk mendewasakan dan membantumu tumbuh jadi lebih kuat. Setiap kali ada masalah, kamu bisa menyikapinya dengan tenang sebab kamu bisa membebasakan dirimu untuk memikirkan sejumlah alternatif dan lebih banyak jalan keluar untuk mengatasinya.

 

2. Bisa Mengontrol Emosi dengan Baik

 

Setiap emosi yang kamu rasakan kamu pahami dengan baik. Sehingga kamu tidak gampang merasa tertekan dan stres berat ketika menghadapi situasi yang terjadi di luar dugaanmu. Kamu pun memiliki kesadaran diri emosional yang lebih biak. Mengutip buku Emotional Intelligence, kesadaran diri emosional ini mencakup perbaikan dalam mengenali dan merasakan emosi sendiri; lebih mampu memahami penyebab perasaan yang timbul; dan mengenali perbedaan perasaan dan tindakan. Dengan kemampuan memahami emosi yang lebih baik, kamu bisa lebih mudah berpikir jernih untuk menguraikan kerumitan masalah yang ada.

 

 

3. Berani Mengambil Hikmah

Ketika ada pengalaman tak menyenangkan yang kamu alami, kamu tak menyalahkan keadaan atau mengutuk keadaan. Justru kamu memilih untuk berani memetik hikmah dari pengalaman dan kejadian yang ada. Di film dokumenter berjudul Stutz tentang menyikapi hal-hal tak menyenangkan dalam hidup ada kutipan yang menarik, isinya, "Memetik pelajaran berarti menemukan sesuatu yang bermakna. Mencoba tak terlalu terlibat dengan banyak hal negatif, tapi melatih diri untuk mengetahui apa yang harus kita lakukan." Dengan kemampuanmu yang mau memetik hikmah dari tiap kejadian yang ada, kamu pun bisa selalu menemukan jalan dan pintu baru untuk dibuka demi terus melangkah ke depan.

 

 

4. Suka Bersyukur

Ketika kamu terbiasa bersyukur, cara pandangmu terhadap kehidupan bisa lebih positif. Sehingga kamu akan selalu menemukan kekuatan baru untuk bangkit tiap kali mengalami kegagalan, serta bisa lebih kuat melewati masa-masa sulit yang ada. Menjadi pribadi kuat bukan berarti pasti bisa melakukan segala sesuatunya dengan sederhana, tetapi juga bisa berarti dapat menyikapi keadaan dengan hati yang senantiasa penuh syukur.

 

 

5. Tidak Membenci Keterbatasan Diri

Keterbatasan dan ketidaksempurnaan yang kamu miliki tidak pernah kamu benci. Justru kamu berusaha untuk menerimanya dan berdamai dengannya. Dengan kemampuanmu ini kamu pun bisa lebih tenang dalam menjalani hidup. Tidak lagi gampang terpuruk ketika belum sempurna melakukan sesuatu sebab kamu selalu memberi ruang bagi dirimu untuk membuat perbaikan atau perubahan yang lebih baik.

Semoga kamu pun termasuk dalam golongan orang yang punya mental kuat ini juga, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading