Sukses

Lifestyle

5 Tanda Burnout yang Jangan Disepelekan

Fimela.com, Jakarta Kamu pernah mengalami burnout? Sebenarnya apa burnout itu? Burnout adalah sebuah kejadian dimana pekerja mengalami perpaduan gejala fisik dan psikologis yang mengakibatkan menurunnya kepuasan kerja dan produktivitas. Saat ini istilah burnout tidak hanya terbatas dalam dunia pekerjaan tapi juga di industri apa saja. 

Organisasi Kesehatan Dunia (2019) juga mendefinisikan bahwa burnout sebagai sindrom dari akibat stress berlebih di tempat kerja yang belum berhasil dikelola. Lalu bagaimana caranya tahu bahwa seseorang mengalami burnout? Dilansir dari positive psychology dan forbes (8/8) ini 5 tanda kamu sudah burnout. 

Mengalami emosi negatif

Kamu merasa bahwa apa yang kamu lakukan tidak penting lagi atau mungkin kamu merasa sangat kecewa dengan segala sesuatu. Kamu juga menjadi lebih pesimisi daripada sebelumnya. Walaupun setiap orang mengalami emosi negatif sewaktu-waktu namun penting bagi kamu untuk mengetahui kapan emosi negatif menjadi tidak biasa. 

Performa menurun

Jika kamu merasa tidak yakin apakah kamu burn out coba kamu bandingkan performa kerja kamu sekarang dengan tahun-tahun sebelumnya. Burn out cenderung terjadi dalam jangka waktu lama, oleh karena itu mengambil pandangan jangka panjang dapat membantu mengungkap apakah kamu sedang mengalami penurunan performa smeentara atau justru sudah burn out kronis.

Tidak merasa puas

Kamu cenderung merasakan perasaan kurang bahagia dan puas dengan karir serta kehidupan pribadi. Kamu mungkin merasa tidak puas atau bahkan terjebak dalam hal yang terjadi di rumah, kegiatan sosial, dan juga komunitas.

Masalah kognitif

Stres kronis dan kelelahan dapat mengganggu kemampuan untuk berkonsentrasi. Saat stress, perhatian akan menyempit untuk fokus pada elemen negatif yang kamu anggap sebagai ancaman. Mungkin dalam waktu singkat ini membantu untuk mengatasi masalah yang dihadapi, tetapi tubuh dan otak tidak dirancang untuk menangani hal ini dalam waktu singkat dan kembali berfungsi normal. Ketika stress kronis maka fokus yang sempit ini akan berlanjut untuk waktu lama dan kamu akan mengalami kesulitan memperhatikan hal lain.

Kelelahan berlebih

Tanda kelelahan ini adalah ketika kamu merasa lelah sepanjang waktu. Kelelahan bisa bersifat mental, fisik, atau emosional. Ini adalah perasaan tidak memiliki energi seolah semua energi kamu habis tidak bersisa sama sekali.

Sahabat Fimela, demikian 5 tanda bahwa kamu sudah mengalami burn out. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading