Sukses

Lifestyle

Ciri-Ciri Orang dengan Kecerdasan Spiritual yang Tinggi

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan spiritual dianggap berkaitan dengan karakter seseorang. Semakin tinggi pembentukan karakter seseorang, maka akan semakin tinggi pula kecerdasan spiritual yang dimilikinya. Begitu pula sebaliknya semakin rendah pembentukan karakter seseorang, maka semakin rendah pula kecerdasan spiritual yang dimiliki orang tersebut.

Dilansir dari ejournal.ihdn.ac.id, Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan tertinggi diantara ketiga kecerdasan yang dimiliki manusia sejak lahir. Kecerdasan ini memfungsikan kedua kecerdasan lainnya, yakni kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual. Kecerdasan spiritual adalah salah satu cara meraih ketenangan batin.

Dalam beberapa dekade sebelumnya, banyak yang berpikir satu-satunya kecerdasan yang penting adalah kecerdasan intelektual atau IQ. Sampai kemudian di tahun 1990-an, munculah konsep kecerdasan baru yang menyebut bahwa emosional punya peran lebih penting. Kini aspek kecerdasan pun meluas dengan adanya kecerdasan spiritual atau yang banyak dikenal dengan istilah SQ (Spiritual Quotient).

Apa itu kecerdasan spiritual?

Dalam KBBI disebutkan bahwa kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang berkenaan dengan hati dan kepedulian antar sesama manusia, makhluk lain, dan alam berdasarkan keyakinan akan adanya Tuhan Yang Maha Esa.

Menurut Danah Zohar dan Ian Marshall, kecerdasan spiritual adalah kecerdasan untuk menghadapi persoalan makna atau value, yaitu kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain.

Menurut penelitian-penelitian di bidang neurologi, kecerdasan spiritual  memiliki tempat di dalam otak. Hal ini berbeda dengan yang dikatakan sebelumnya oleh Howard Gardner bahwa kecerdasan spiritual tidak punya tempat di dalam otak kita seperti kecerdasan yang lain. Dalam hal ini berarti menyadari kehadiran Tuhan di sekitar kita dan untuk memberi makna dalam kehidupan.

Apa saja ciri orang yang memiliki kecerdasan spiritual?

Memiliki Fleksibilitas Tinggi

Orang dengan kecerdasan spiritual yang tinggi biasanya mampu menyesuaikan diri dengan tempat di mana mereka berada. Sikap yang mudah beradaptasi dengan berbagai keadaan membuatnya mampu menghadapi berbagai permasalahan.

Memiliki Tingkat Kesadaran yang Tinggi

Ketika seseorang memiliki kesadaran spiritual yang tinggi terhadap dirinya, ia mampu mengelola emosinya dengan baik.

Mampu Menghadapi Kesulitan dan Rasa Takut

Orang yang memiliki kecerdasan spiritual mampu melepaskan hal-hal yang bersifat materi. Oleh karena itu, hal tersebut bukan lagi dianggap stressor tapi menjadikan mereka lebih kaya akan pengalaman hidup.

Memiliki Visi dan Misi dalam Hidup

Orang yang memiliki kemampuan spiritual sudah memiliki visi dan misi dalam hidupnya. Mereka tidak hanya ikut dalam suatu arus tanpa memiliki target tertentu dalam hidup, namun memiliki komitmen dan tujuan serta makna dari hidupnya.

 

Penulis: Maritza Samira

#BreakingBoundariesAgustus

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading