Sukses

Lifestyle

7 Gerakan Peregangan yang Harus Dilakukan Sebelum Berenang

Fimela.com, Jakarta Olahraga adalah kegiatan yang wajib dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Tak hanya menjadi sehat, olahraga juga bisa membuat tubuh jadi kuat dan membentuk otot. Selain itu, olahraga juga bisa membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menganjurkan orang dewasa untuk melakukan olahraga selama minimal 30 menit per hari. Olahraga yang dianjurkan harus dilakukan secara bertahap, mulai dari pemanasan selama 5-10 menit dan diakhiri dengan pendinginan selama 5 menit.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan. Mulai dari olahraga yang mudah dan murah meriah seperti jalan kaki atau jogging, hingga olahraga yang melibatkan media lain seperti berenang. Apapun jenis olahraganya, tetap harus dilakukan secara bertahap mulai dari pemanasan.

Pemanasan dilakukan dengan berbagai gerakan peregangan. Kalau kamu mau melakukan olahraga berenang, sebelumnya kamu perlu melakukan 5 gerakan peregangan berikut ini.

1. Lompat Ringan atau Skipping

Salah satu gerakan peregangan yang bisa kamu lakukan adalah dengan skipping atau melompat-lompat kecil. Namun pastikan kamu melakukannya di tempat yang kering dan aman ya, agar tidak terpeleset dan membuatmu cedera.

2. Rentangkan Lengan

Rentangkan lenganmu sejajar bahu kemudian tahan selama beberapa detik. Setelah itu ayun-ayunkan lenganmu atau putar-putarkan secara bersamaan.

 

3. Peregangan lutut ke dada

Berbaring di lantai dengan punggung rileks dan lurus, lalu tarik kedua lutut ke arah dada sampai kamu merasakan regangan di punggung bawah.

4. Peregangan hamstring

Jaga agar dada tetap tegak dan pertahankan lengkungan di punggung bawah saat kamu mencondongkan tubuh ke depan, kemudian tahan posisi itu untuk beberapa detik.

5. Plank

Posisikan badan seperti push-up, tapi lengan tegak lurus dan kamu harus menahan posisi itu selama mungkin. Kalau kamu ingin melakukan gerakan yang lebih menantang, kamu bisa coba gerakan push up.

6. Standing T

Berikut cara melakukan gerakan peregangan standing T:

  • Berdiri tegak dengan satu kaki melangkah ke depan.
  • Julurkan kedua lengan ke depan dan kepalkan tangan dengan posisi ibu jari terangkat ke atas (seperti memberikan tanda ‘oke’).
  • Pertahankan posisi kepalan tangan tersebut sambil pelan-pelan merentangkan tangan ke samping selebar mungkin dan dorong lengan hingga sedikit ke belakang.
  • Saat melakukan gerakan merentangkan tangan hingga sedikit ke belakang tersebut, tulang belikat akan terdorong maju.
  • Tahan posisi tersebut selama satu hingga dua detik kemudian kembali ke posisi semula dan ulangi sebanyak enam hingga sepuluh kali.

7. Quad Rocking

Gerakan pemanasan sebelum berenang ini dimulai dalam posisi merangkak. Lalu, tekuk lutut dan tarik panggul ke belakang hingga bagian bokong berada di antara kedua telapak kaki. Pertahankan siku lengan tetap lurus. Kemudian kembali pada posisi semula sambil meregangkan punggung seperti kucing . Ulangi gerakan ini sebanyak enam kali.

Itulah 7 gerakan peregangan yang harus kamu lakukan sebelum mulai berenang. Peregangan ini wajib kamu lakukan untuk menghindari kram atau cedera saat berenang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading