Sukses

Lifestyle

Tips Manajemen Waktu Untuk Hidup yang Lebih Teratur dan Produktif

Fimela.com, Jakarta Tanpa kita sadari, waktu terus berjalan begitu cepat. Mungkin kamu pernah merasa kesulitan untuk mengatur waktu. Bahkan, tanpa sadar kamu merasa sudah berada di pertengahan bulan hingga tiba - tiba sudah menjumpai akhir bulan. Begitu cepatnya waktu sehingga kamu harus memanfaatkan dan mengatur durasi untuk pekerjaan setiap harinya. Oleh karena itu, pentingnya melakukan perencanaan untuk menata waktu dengan baik supaya kamu dapat meningkatkan produktivitas dan juga mengurangi stres.

Dengan manajemen waktu yang baik, kamu juga bisa menghindari kebiasaan menunda dan bisa menggunakan waktu dengan bijak. Sasaran atau tujuan yang telah kamu tetapkan pun akan lebih mudah untuk tercapai apabila kamu mencoba untuk mengaplikasikan caraberikut ini : 

1. Buat tujuan yang lebih spesifik

Dilansir dari lifehack, goals atau tujuan yang kamu buat harus memperhatikan beberapa aspek, diantaranya spesifik, terukur dengan baik, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu. Selain itu, kamu juga perlu untuk memahami secara jelas mengapa kamu menginginkan tujuan tersebut sejak awal. Perhatikan alasan apa yang dapat melatarbelakangi harus tercapainya tujuan tersebut. 

Saat kamu telah menetapkan tujuan dan prioritas yang perlu kamu lakukan. Maka, kamu bisa merasa lebih fokus pada tugas yang paling penting hingga termoitvasi untuk memecah tugas lainnya yang lebih kecil. Pengelolaan untuk skala prioritas memang sangat dibutuhkan untuk mengetahui tugas atau pekerjaan apa yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Kamu juga bisa membuat goals dalam jangka waktu yang pendek atau panjang, sesuka hatimu. 

2. Pisahkan tugas menjadi bagian yang lebih kecil

Saat kamu sudah fokus pada satu hal yang telah ditetapkan. Kini, saatnya untuk membagi tujuan tersebut menjadi bagian yang lebih kecil lagi. Kelompokkan semua tugas yang berkaitan dan hal - hal yang perlu kamu lakukan agar tugas tersebut selesai. Kamu bisa masukkan ke dalam kelompok yang lebih kecil dan dalam kategori yang sama agar lebih mudah untuk dikelola. Kamu bisa memvisualisasikan diri untuk segera mengerjakan tugas tersebut dan menyadari bahwa masih ada beberapa tugas yang perlu diselesaikan ke depannya. 

3. Mulai lebih awal di pagi hari

Supaya dapat memanfaatkan hari dengan maksimal, maka kamu bisa gunakan pagi hari dan bangun lebih awal untuk berpikir atau sekedar merencanakan hari. Tentunya, pagi hari merupakan momen yang sangat cocok untuk membuat rencana selama satu hari ke depan. Berpikir di pagi hari akan terasa lebih tenang, kreatif, dan jernih. Oleh karena itu, manfaatkan pagi hari untuk membuat bahan yang bisa membuat satu harimu menjadi lebih produktif.

4. Gunakan aturan 20 menit

Teknik yang kamu bisa gunakan untuk memulai pekerjaan dan melakukan manajemen waktu yang baik, yaitu aturan 20 menit. Aturan ini membuat kamu dpaat bersiap untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan yang penting dengan cara mengatur alarm selama 20 menit. Fokus pada pekerjaan tersebut selama 20 menit awal hingga akhirnya kamu bisa berhasil untuk fokus pada menit menit setelahnya. Tanpa disadari, kamu bahkan bisa menyelesaikannya dengan baik apabila sudah memulai dan terhanyut ke dalam tugas atau pekerjaan yang telah kamu coba untuk lakukan. 

5. Ciptakan batasan untuk dirimu sendiri

Belajar untuk mengontrol diri sendiri dari segala distraksi dan mulai memprioritaskan pekerjaan penting yang harus diselesaikan. Tetapkan batasan pada dirimu sendiri pada setiap hal yang bisa mengganggu, contohnya seperti penggunaan gadget, internet, dan menjelajah sosial media. Cobalah untuk tetap fokus dengan meminimalisir aktivitas yang bisa membuang waktu dan membuatmu melenceng dari tujuanmu.

6. Jangan lupa untuk istirahat sejenak

Hindarilah tugas atau pekerjaan yang membuat kamu bekerja secara terus menerus pada jangka waktu yang lama. Memang terkesan sepele, tetapi istirahat sangatlah penting. Tubuhmu juga perlu untuk beristirahat selama sejenak untuk menyegarkan pikiran dan mengumpulkan energi untuk memulai kembali. Jika kamu terus terusan berpaku pada tugas atau pekerjaan tanpa henti, maka kamu akan merasa lelah hingga mengalami penurunan produktivitas. Gunakan waktumu untuk beristirahat dengan cara relaksasi, melakukan aktivitas fisik, atau aktivitas apa pun yang kamu sukai untuk membantumu menyegarkan pikiran. 

7. Meminimalisir multitasking

Pada sebagian waktu, multitasking dapat terlihat efisien untuk dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan. Namun, pada kenyataannya, multitasking juga dapat menurunkan produkitvitas. Bahkan, kualitas pekerjaan menjadi lebih rendah karena kamu mengerjakan banyak tugas secara bersamaan. Maka dari itu, lebih baik untuk berfokus pada satu tugas dan kemudian beralih ke tugas berikutnya yang telah kamu rencanakan sejak awal. Melalui cara ini, maka kamu akan bisa lebih berkonsentrasi dan bisa memberikan hasil yang lebih baik. 

Dengan tips berikut, semoga bisa bermanfaat untuk kamu lakukan dan bisa menjadi pengingat agar lebih mengatur dan memanfaatkan waktu dengan baik. Terutama jika kamu ingin hidupmu terasa lebih teratur dan produktif. 

 

Penulis : Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading