Sukses

Lifestyle

5 Sikap agar Tidak Gampang Cemas Jalani Hidup Saat Ini

Fimela.com, Jakarta Makin bertambah usia biasanya makin banyak hal yang akan kita khawatirkan dalam hidup. Apalagi dengan bertambahnya tanggung jawab dan tuntutan yang harus dipenuhi, hari-hari yang kita jalani bisa terasa makin berat. Rasa cemas pun kerap hadir dalam keseharian.

Bagi kamu yang merasa makin gampang cemas jalani hidup saat ini, saatnya untuk mencoba menyikapinya dengan sikap yang lebih tenang. Berikut ini strategi sederhana yang bisa dicoba agar hidupmu tidak lagi dipenuhi oleh rasa cemas berlebihan. Simak uraiannya di bawah ini.

1. Lebih Realistis

Mengutip buku Think Like a Monk, "Kita semua memiliki tujuan yang berbeda-beda, tapi kita semua menginginkan hal yang sama: Kehidupan yang penuh kebahagiaan dan makna." Dilanjutkan lebih jelas lagi bahwa kebahagiaan bersifat elusif, yaitu mempertahankan kebahagiaan dalam tingkat tinggi adalah sesuatu yang sulit. Saatnya untuk bersikap lebih realistis dengan menyadari bahwa kehidupan bisa disertai suka dan duka. Kebahagian dan kesedihan bisa datang silih berganti. Dengan memahami hal ini, maka kamu bisa lebih tenang jalani fase kehidupanmu saat ini.

2. Makin Bijaksana

Bersikap bijaksana bisa membuatmu merasa lebih tenang. Dengan sikap ini kamu bisa lebih cermat dan teliti dalam menghadapi setiap kesulitan. Tidak buru-buru mengambil keputusan. Tidak gegabah dalam membuat pilihan. Bersikap bijaksana berarti lebih peka dalam menggunakan akal budi yang dimiliki. Dengan sikap ini kamu pun bisa lebih mudah melihat gambaran besar dari sesuatu sehingga tidak gampang merasa stres atau tertekan saat menghadapi masalah.

3. Terbiasa Bersyukur

Saatnya untuk bersikap lebih banyak bersyukur. Cobalah untuk terbiasa bersyukur dalam menjalani keseharian dan rutinitas. Rasa syukur akan memperbaiki suasana hati serta memperkuat mental yang dijalani. Dengan sikap ini kamu pun bisa lebih mudah berprasangka baik dalam menyikapi segala sesuatu sehingga tidak gampang gelisah atau khawatir dalam menjalani hidup saat ini.

4. Menyayangi Diri

Sayangi dirimu sendiri lebih baik. Merasa cemas, gelisah, dan takut itu wajar. Sadari bahwa kamu juga manusia biasa yang memang memiliki keterbatasan. Namun, itu bukanlah hal yang buruk. Justru dengan menyadari semua perasaan dan emosi yang kamu rasakan kamu bisa lebih mudah menghadapi berbagai situasi dan perubahan baru yang kamu hadapi dalam hidup.

5. Lebih Adaptif

Saatnya untuk meningkatkan kemampuanmu dalam menyesuaikan diri. Tingkatkan kemampuan dan keahlianmu dalam menyesuaikan diri dengan perubahan atau persoalan baru yang kamu hadapi. Dengan sikap yang lebih adaptif, kamu akan lebih luwes dan fleksibel dalam menghadapi segala sesuatu dan ini bisa membuatmu lebih tenang dalam menjalani hidup.

Itu tadi sejumlah strategi sederhana yang bisa kamu coba lakukan agar tidak gampang cemas jalani hidupmu saat ini. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading