Sukses

Lifestyle

Bersihkan Mesin Cuci dengan 3 Cara Efektif Ini

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pernah tidak ketika sedang mengenakan pakaian kamu menyadari ada kotoran kecil yang terselip? Selain kotoran, apakah pakaian yang kamu kenakan mengeluarkan bau tidak sedap? Sudahkah periksa mesin cuci di rumah, siapa tahu mesin cuci milik kamu dalam keadaan kotor. 

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa coba untuk membersihkan mesin cuci yang ada di rumah. Berikut Fimela rangkum 3 cara efektif bersihkan mesin cuci untuk kamu.

1. Serbuk pembersih mesin cuci

Sekarang, serbuk pembersih  mesin cuci sudah tersedia dengan berbagai macam jenis merek yang bisa kamu dapatkan melalui toko secara offline dan offline serta harga yang terjangkau. Melalui video tiktok @ganjarramadhani, ia membagikan tipps cara membersihkan mesin cuci dengan serbuk pencuci yang digunakan.

Untuk membersihkan mesin cuci dengan serbuk pencuci terbagi menjadi 2 tahap. Tahap pembersihan pertama, isi mesin cuci dengan air hingga ¼ tabung, selain air biasa, air panas juga dapat digunakan. Selanjutnya tuang ½ cup atau 8 sendok makan serbuk mesin cuci ke dalam air, diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, buang air kotorannya.

Tahap terakhir kamu bisa isi mesin cuci dengan air hingga penuh kemudian masukkan 1 cup atau 16 sendok serbuk pembersih, nyalakan mesin cuci dan diamkan selama 90 menit. Setelah 90 menit buang air bekas kotoran, kemudian gunakan sikat untuk membersihkan kotoran sisa, untuk hasil maksimal bisa kamu isi air setelah membersihkan kotoran sisa, buang airnya dan mesin cuci siap untuk kembali digunakan.

2. Soda kue

Selain serbuk pencuci, kamu bisa gunakan soda kue untuk membersihkan mesin cuci yang kotor. Soda kue juga sangat mudah untuk didapatkan dan step yang diterapkan juga tergolong mudah. 

Pertama kamu tuang dulu 60 gram soda kue kemudian isi mesin cuci dengan air panas, setelah itu biarkan mesin cuci beroperasi sampai akhir kurang lebih 30 menit. Setelah tahap pertama selesai, kamu bisa buang air bekas tersebut dan isi kembali dengan air panas lagi untuk mengeluarkan sisa-sisa soda kue yang masih ada pada mesin cuci. Tada! Mesin cuci tidak mengeluarkan kotoran lagi dan sudah bersih.

3. Cuka

Cara terakhir yang dapat digunakan untuk membersihkan mesin cuci kamu adalah dengan menggunakan cuka. 

Caranya cukup praktis untuk kamu coba. Pertama siapkan dua cangkir cuka dan tuang pada bagian dispenser deterjen pada mesin cuci, tahap pertama ini bertujuan untuk membersihkan noda yang menempel pada bagian dinding dalam mesin cuci. Tahap selanjutnya, siapkan 5 sendok makan cuka dan air 1 liter air panas, jalankan mesin cuci seperti biasa, tujuan tahap ini untuk membersihkan dinding bagian luar serta dinding bagian dalam mesin cuci yang sebelumnya tidak dapat dijangkau pada tahap pertama. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa buang air bekas tahap kedua dan isi kembali dengan air panas. Tahapan ini bertujuan untuk membersihkan sisa cuka yang masih menempel pada mesin cuci. Mesin cuci kembali bersih dan kamu bisa mencuci pakaian dengan tenang.

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading