Sukses

Lifestyle

Fakta NewJeans, Girl Grup K-Pop yang Pecahkan Rekor Dunia Guinness, Viral dan Bekerjasama dengan Brand Mewah dalam Waktu Kurang dari Setahun

Fimela.com, Jakarta Di bulan Maret lalu, member NewJeans Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein telah menandatangani kontrak brand ambassador global dengan Levi's, tampil dalam pemotretan untuk Vogue Amerika, dan ditunjuk sebagai duta Seoul Fashion Week. Ini prestasi NewJeans sebagai grup.

Secara individu, Hanni mewakili Gucci dan Armani Beauty, Hyein bekerja dengan Louis Vuitton, Danielle ditunjuk oleh Burberry dan YSL Beauty, sedangkan Minji adalah duta Chanel di 3 divisi, yaitu mode, kecantikan, jam tangan, dan berphiasan. Brand-brand mewah ini menantikan keuntungan besar dari pecinta musik, film, dan acara TV Korea.

Jumlah penggemar 'Hallyu' atau 'Korean Wave' melampaui 178 juta di tahun lalu. Ini naik dari 156 juta di tahun 2021 dan hampir 20 kali lipat dari populasi penggemar, 11 tahun yang lalu.

Data dari agensi analisis media sosial LaunchMetrics menunjukkan bahwa bintang K-Pop seringkali menjadi pendorong utama keterlibatan dan pendapatan bagi brand. Saat Cartier mengumumkan Jisoo BLACKPINK sebagai brand ambassador, postingan media sosial tersebut menghasilkan nilai media sebesar 3 juta Dolar untuk brand tersebut.

Ketika BTS menghadiri Grammy Awards 2022 dengan mengenakan Louis Vuitton, penampilan tersebut menghasilkan nilai 6,4 juta Dolar untuk brand tersebut. Brand punya banyak pilihan dan NewJeans adalah salah satu dari selusin artis K-Pop yang dirilis tahun lalu, termasuk Mimiirose, Fifty Fifty, dan Le Sserafim.

Banyak yang mencari untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh BTS, yang telah hiatus hingga sekitar tahun 2025, sementara membernya menjalankan wajib militer. Sedangkan artis papan atas seperti BLACKPINK dan Twice memulai tur global mereka seiring kembalinya kalender acara langsung ke bentuk sebelum pandemi.

NewJeans dipilih karena mengacu pada jeans yang merupakan fashion pokok yang tak lekang oleh waktu dan juga bermakna ganda untuk gen baru, yang merupakan indikasi niat mereka untuk memperkenalkan generasi baru K-Pop. Singkatnya, NewJeans adalah jenis produk yang bisa dimanfaatkan oleh brand sebagai alternatif yang menyegarkan.

Mengapa brand mewah menyukai NewJeans?

Walaupun popularitas mereka meroket mirip BLACKPINK, namun dalam hal daya tarik estetika dan musik, NewJeans telah memetakan jalurnya sendiri dengan tampilan girl-next-door dan lagu-lagu pop yang manis sejak debutnya. Alih-alih menggunakan riasan bold dan pakaian mewah, member NewJeans ditata sebagai gadis polos dan cantik natural.

Dalam video musik 'Ditto' dan 'Cookie,' mereka mengenakan seragam sekolah, sedangkan di 'OMG,' mereka menari dengan ransel berbentuk boneka binatang. Lokasi di setiap video musik juga relatif sederhana, seperti lapangan olahraga atau studio dengan bangku sebagai satu-satunya properti.

Pilihan ini mungkin disebabkan oleh usia anggota grup yang masih muda. Yang tertua Minji baru berusia 18 tahun, sedangkan Hyein baru berusia 14 tahun.

Pecahkan rekor dunia Guinness

NewJeans juga merupakan grup perempuan K-Pop terbaru yang memecahkan Rekor Dunia Guinness untuk 'Fastest K-pop act to reach 1 billion streams on Spotify' dalam 219 hari, mengalahkan BTS yang berhasil melakukan hal yang sama dengan Jungkook dalam 409 hari. Selain penjualan musiknya yang luar biasa, NewJeans telah menerima banyak penghargaan, seperti pada Asia Artist Awards akhir tahun lalu, NewJeans dipuji karena menjadi grup perempuan tercepat yang memenangkan hadiah utama sejak debut mereka, sehingga mendapatkan gelar Performance of The Year.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading