Sukses

Lifestyle

Cara Menggunakan Food Waste Disposer, Efektif untuk Mengelola Sampah Dapur

Fimela.com, Jakarta Food waste disposer atau disebut juga mesin penghancur limbah makanan adalah perangkat yang dirancang untuk menghancurkan sisa-sisa makanan di dapur dan membuangnya melalui saluran pembuangan. Seringkali kita kebingungan untuk mengelola sampah sisa-sia makanan di dapur. Jika tidak dikelola dengan benar, limbah sisa-sisa makanan ini akan memicu bakteri menimbulkan bau tidak sedap. Bau tidak sedap tersebut akan mengundang semut, tikus, serangga, dan kecoa.

Maka dari itu, menggunakan food wate disposer akan jauh lebih efisien dalam mengelola sampah sisa-sisa makanan. Food waste disposer akan menghancurkan limbah sisa-sisa makanan menjadi partikel kecil, lalu membuangnya ke saluran pembuangan.

Sahabat Fimela bisa mempertimbangkan untuk memasang food waste disposer di wastafel agar pengelolaan sisa-sisa makanan lebih mudah dan efektif. Nah, berikut adalah cara menggunakan food waste disposer. Simak informasi berikut untuk mengetahui detailnya.

1. Persiapan awal

Pastikan food waste disposer sudah terpasang dengan benar. Sahabat Fimela bisa memasangnya sendiri sesuai dengan panduan yang diberikan. Jika tidak ingin ribet, mungkin bisa memanggil profesional untuk pemasangannya.

2. Persiapan sisa makanan

Sebelum menggunakan mesin, pastika limbah sisa makanan terbebas dari benda-benda keras yang dapat merusak mesin. Misalnya, seperti bungkus plastik, styrofoam, kain, kayu, dan sebagainya.

3. Alirkan air dan masukkan makanan ke lubang wastafel

Setelah sisa makanan telah terbebas dari benda-benda keras yang dapat merusak mesin. Masukkan sisa makanan ke lubang wastafel secara perlahan. Jangan lupa untuk mengalirkan air terlebih dahulu sebelum menyalakan mesin food waste disposer.

4. Nyalakan mesin

Setelah itu, nyalakan mesin food waste disposer dengan menekan saklarnya. Pastikan air selalu mengalir saat proses penggilingan sisa makanan.

5. Tunggu sampai selesai penggilingan

Tunggu mesin food waste disposer untuk menyelesaikan proses penggilingannya. Jangan matikan mesin sebelum proses penggilingan selesai dan tetap alirkan air.

6. Matikan mesin

Setelah proses penggilingan sisa makanan selesai, matikan mesin food waste disposer. Tetap alirkan air setelah mesin dimatikan. Tunggu selama beberapa detik, kemudian baru matikan aliran air tersebut.

Itulah cara menggunakan food waste disposer. Pastikan untuk menjaga food waste disposer tetap bersih dan terbebas dari sisa makanan untuk menjaga kinerjanya.

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundariesSeptember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading