Sukses

Food

Cara Menghangatkan Makanan Sisa, Berikut Tipsnya!

Fimela.com, Jakarta Makanan sisa memang tak langsung dibuang. Bila masih bisa dikonsumsi, memang akan lebih baik dihangatkan saja. Hanya saja apakah selama ini kita sudah menghangatkan makanan sisa dengan cara yang benar?

Untuk menghangatkan makanan sisa, ada beberapa hal penting yang perlu  kita perhatikan. Mulai dari penggunaan alat hingga proses menghangatkan. Untuk selengkapnya, langsung saja ikuti cara dan infonya di sini.

1. Gunakan api sedang bila menggunakan kompor

Untuk tumisan, gulai, atau hidangan berkuah bisa dihangatkan langsung di atas kompor. Di sini  yang perlu diperhatikan adalah api yang digunakan sebaiknya pakai api sedang. Agar panasnya bisa merata dan tidak gampang gosong.

 

 

 

 

2. Cukup Sekali Dihangatkan

Memang tak disarankan untuk menghangatkan atau memanaskan makanan berkali-kali. Cukup satu kali dihangatkan saja, khususnya untuk makanan yang mengandung daging, susu, krim, saus, nasi, atau pasta. 

3. Saat Dihangatkan Terus Diaduk

Makanan yang dihangatkan dengan kompor sebaiknya terus diaduk-aduk. Biar panasnya merata dan tidak gosong. Mungkin hanya butuh waktu beberapa menit untuk menghangatkan agar kandungan bahan makanannya tidak rusak.

4. Bila Menggunakan Oven, Lapisi Makanan dengan Aluminium Foil

Untuk makann jenis gorengan, pizza, cake, atau roti, bisa dihangatkan dengan menggunakan oven atau pemanggang. Hanya saja disarankan untuk melapisi makanan tersebut dengan aluminium foil untuk menjaganya tetap renyah. Atau lapisi wadah makanannya dengan aluminium foil.

5. Bila Menggunakan Microwave, Jangan Pakai Sembarang Wadah Plastik

Memanggang atau memanaskan kembali makanan dengan oven atau microwave, gunakan wadah yang memang microwave safe. Jadi bukan sembarang wadah plastik. Nggak mau kan wadah kita jadi rusak atau leleh gara-gara ceboroh menggunakannya untuk memanaskan makanan di microwave.

Menghangatkan makanan sisa pun sebenarnya tidak terlalu sulit. Untuk makanan berkuah atau bersantan, mungkin akan ada perubahan rasa (biasanya jadi lebih asin) bila dipanaskan. Jadi ketika menghangatkan makanan, koreksi rasanya kembali.

#WomenforWomen

Loading