Sukses

Lifestyle

5 Fakta Unik Tentang Ulang Tahun dari Sepanjang Sejarah yang Mungkin Kamu Baru Tahu

Fimela.com, Jakarta Ulang tahun adalah suatu hal pasti yang terjadi dalam hidup. Manusia modern telah hidup di bumi selama sekitar 200 juta tahun yang artinya ada banyak orang yang merayakan hari ulang tahun. Namun, akhir-akhir ini manusia memiliki kemampuan untuk melacak hari ulang tahunnya. 

Tidak jarang orang akan merayakan acara besar ini selama beberapa hari bahkan mengklaim sebagai minggu ulang tahun. Namun, banyak konsep yang kita kenal dan kaitkan dengan ulang tahun seperti pesta, kue dan hadiah tidak selalu menjadi norma. Dilansir dari littlethings (15/9) ini 5 fakta unik tentang ulang tahun dari sepanjang sejarah.

Orang Yunani, orang pertama yang menaruh lilin di kue

Tradisi ulang tahun yang sekarang ramai dilakukan masyarakat ini berasal dari Yunani Kuno. Orang-orang biasa memberikan persembahan kepada Artemis, dewi perburuan dalam bentuk kue berbentuk bulan dengan lilin di atasnya. Bulan adalah simbol yang diasosiasikan dengan sang dewi. 

Roma Kuno hanya mengizinkan pria yang merayakan ulang tahun

Tahukah kamu, masyarakat Romawi Kuno sangat patriarkis. Hanya pria yang diizinkan untuk mengakui atau merayakan hari ulang tahun mereka. Pada abad ke-12, catatan pertama di Eropa tentang perayaan ulang tahun untuk perempuan pun akhirnya ditemukan. 

Kue hanya sedikit hingga revolusi Industri

Hanya sedikit orang yang memiliki kue manis pada ulang tahun hingga revolusi industri. Kebanyakan orang-orang dulu tidak mampu membeli bahan-bahan untuk membuat kue yang rasanya manis atau terlihat bagus. Oleh karena itu, tradisi kue ulang tahun tidak tersebar luas seperti sekarang ini sampai setelah revolusi industri, barulah bahan-bahan ini bisa diakses. 

Undangan ulang tahun

Undangan ulang tahun pertama kali ditulis di atas lempengan romawi. Undangan pertama ini diketahui dikirim oleh seorang istri komandan Romawi pada tahun 100M. Saat itu kerta belum digunakan, jadi mereka mengirim undangan di atas lempengan. 

Pesta ulang tahun termahal mencapai $27 Juta

Kamu pasti tahu bahwa pesta ulang tahun bisa jadi mahal, tapi tidak ada yang bisa menandingi pesta ulang tahun Sultan Brunei yang menghabiskan $27 Juta pada tahun 1996 untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-50. Rupanya, $16 juta anggaran tersebut digunakan untuk pertunjukan musisi legendari Michael Jackson. 

Fakta unik ulang tahun di atas bisa kamu terapkan untuk acara ulang tahun yang menyenangkan. Bila ingin pesta ulang tahun sesuai impianmu, Fimela Event adalah solusinya. Tunggu apa lagi? segera cek event.fimela.com atau hubungi 0821-2459-2963 untuk informasi selanjutnya. Fimela Event will make your dream moments come true!

https://www.newshub.id/interactive2/3708

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading