Sukses

Lifestyle

Siti Alifah Faiz, Guru Honorer yang Kini Wujudkan Impiannya bersama Shopee Affiliate Program

Fimela.com, Jakarta Perjuangan seorang guru memang layak mendapatkan apresiasi. Dari bimbingan merekalah generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkualitas lahir. Biarpun sudah tak terhitung berapa banyak murid yang berhasil meraih kesuksesan, nyatanya jasa seorang guru tidak dibalas dengan apapun. Inilah yang membuat guru sering disebut sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.

Sayangnya, profesi guru masih menimbulkan dilema tersendiri di Indonesia. Bukan rahasia lagi kalau tingkat kesejahteraan guru belum merata. Hal inilah yang kemudian mendorong seorang guru muda asal Lampung, Siti Alifah Faiz (26 tahun) untuk terus berdaya hidup lebih baik dan mendapatkan penghasilan tambahan demi memenuhi kebutuhan diri sendiri dan keluarga.

Bergabung dengan Shopee Affiliate Program

Demi mewujudkan mimpi dan bisa mendapatkan hidup yang lebih baik, Alifa pun memutuskan untuk bergabung dengan Shopee Affiliate Program sejak Januari 2022. Ia sering berbagi konten seputar dunia anak usia dini dan rekomendasi produk edukatif dan interaktif anak yang ternyata disukai banyak orang.

Alifa sendiri lahir dari keluarga sederhana, di mana ibu dan ayahnya juga berprofesi sebagai guru. Kedua orang tuanya juga yang mendorong Alifa untuk meneruskan jejak sebagai guru. Ia juga merupakan anak pertama dari 6 bersaudara sehingga harus berjuang lebih keras agar menjadi contoh yang baik untuk adik-adiknya. Kegiatan sehari-harinya sebelum bergabung Shopee Affiliate selain aktif mengajar di TK sebagai guru honorer, ia juga mengajar les calistung privat dari rumah ke rumah.

Bekerja dari pagi hingga sore ternyata tidak sepadan dengan pemasukan yang ia dapatkan, ia harus mencari cara dan strategi baru untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Itulah awal mula Alifah mencoba peruntungan dengan membuat konten di akun Youtubenya setiap malam sepulang kerja dan mendorongnya semakin yakin mengeksplorasi potensi diri menjadi Shopee Affiliate.

Siti Alifah Faiz, Content Creator & Shopee Affiliate mengatakan, “Saat bergabung di Shopee Affiliate, tujuan utamanya adalah menambah penghasilan dari profesi saya sebagai guru TK Honorer. Alhamdulilah kegiatan saya makin produktif dan saya mulai belajar tentang program afiliasi untuk bisa dapat komisi dengan spill ataupun share link di social media yang saya punya. Baru jalan 1 bulan komisi saya sudah mencapai 1 juta kala itu, wah, saya makin semangat untuk share link produk yang ada di Shopee. Dan karena komisinya lebih besar dari gaji saya, ga nyangka banget yang tadinya hanya bermaksud untuk bantu agar dapat penghasilan tambahan, sekarang dari Shopee Affiliate menjadi income utama. Dan sekarang 1 tahun 8 bulan berlalu, komisi saya bisa tembus puluhan juta karena saya juga memanfaatkan Live Streaming di Shopee dan hasil dari Shopee Live bener-bener besar banget. Saya pun kaget dan sangat bersyukur dengan program dan fitur Shopee ini.”

Terus Belajar Bikin Konten Kreatif

Hampir dua tahun berkecimpung dalam program Shopee Affiliate, Alifah terus konsisten belajar membuat konten yang kreatif. Yang awalnya belum mengerti arah tujuan konten dan target audiens nya, ia mencoba membuat bermacam-macam video, dari konten review, Shopee haul, konten edukasi dan cara cari cuan online di Shopee Affiliate. Tantangan yang dihadapi dan kesulitannya untuk membuat strategi konten sempat membuatnya ingin menyerah, terlebih views dan followers nya yang tidak bertambah.

Namun dia tidak mau patah semangat, ia mulai mencari ide konsep dan tema yang disukai penonton. Akhirnya Alifah pun membuat konten mengenai kesehariannya mengajar PAUD dan ternyata mendapat respon yang luar biasa hingga videonya viral dan FYP. Sosial medianya pun semakin berkembang dan pengikutnya semakin banyak. Hal ini yang mendorongnya untuk terus berinovasi dalam menciptakan konten kreatif hingga ia berbagi tips seputar dunia anak usia dini.

Keyakinan akan Shopee Affiliate yang menjadi pintu rezeki baginya didasari oleh penghasilan yang terus meningkat sehingga membuatnya memilih fokus menjadi konten kreator sambil tetap menjadi guru. Namun, Alifah selalu cermat melihat peluang, banyaknya program dan fitur yang Shopee hadirkan membuatnya penasaran untuk mencoba, khususnya fitur Shopee Live. Mulai mengadakan sesi live streaming di Shopee Live sambil review produk dengan menjual produk-produk seperti perlengkapan rumah, kecantikan, peralatan tulis hingga alat permainan edukatif anak membuatnya lebih bersemangat.

Kesempatan berinteraksi secara langsung melalui sesi tanya jawab membuat livestream nya jadi terasa seru dan menyenangkan. Selain membuat konten barang yang dibeli di Shopee, ia pun akhirnya mulai membuat jadwal streaming jualan di Shopee Live hingga 15 kali sesi setiap bulannya dan ternyata komisi yang didapatkan lebih besar lagi.

Manfaatkan Fitur Shopee Live untuk Wujudkan Mimpi

Berkat memanfaatkan fitur Shopee Live dan fokus dengan Shopee Affiliate Program, ia bisa membeli barang-barang yang dia inginkan, bahkan mewujudkan impiannya selama ini. Beberapa pencapaian yang ia rasakan selain adalah bisa membeli barang impiannya seperti handphone dan motor secara cash, punya tabungan masa depan bahkan berangkat Umroh bersama keluarga di bulan Maret lalu.

“Menjadi Shopee Affiliate membuat banyak banget mimpi-mimpi dan keinginan saya terwujud. Tidak hanya penghasilan dari komisi yang banyak membantu dan merubah hidup saya, namun pencapaian yang paling terharu adalah bisa daftar haji tahun 2023 ini. Masya Allah Tabarakallah, impian yang saya aminkan bisa tercapai. Lalu saya tau kalau Shopee Affiliate sedang mengadakan kompetisi ke Korea yaitu Spill Bawa Berkah dan iseng ikutan. Saya mulai membuat konten tentang “Tutorial Daftar Shopee Affiliate terbaru 2023 tanpa Minimal Followers” dan Alhamdulillah views videonya banyak hingga teman-teman ikut join program dengan kode timku. Dan ga nyangka saya bisa memenangkan kompetisi itu! Ini benar-benar jawaban doa saat Umroh yang meminta di depan Kabah kalau pengen rasain ke luar negeri GRATIS! Ternyata Shopee kembali bantu saya mewujudkan semua harapan,” tambah Siti.

Program ini banyak memberikan pengalaman baru untuk Alifah yang awalnya hanya seorang guru. Tidak hanya peluang besar untuk mendapatkan penghasilan tambahan, namun juga mendorongnya untuk tidak berhenti belajar dan berusaha karena pencapaian yang di dapat harus sejalan dengan konsistensinya dalam membuat konten yang kreatif dan inspiratif. Kompetisi Spill Bawa Berkah yang diikutinya lalu juga mewadahi Alifah untuk bertemu dengan konten kreator lainnya dan mendapat circle pertemanan yang saling mendukung. Ia bisa berlibur di Korea dan merasakan semua keindahannya sambil berbagi cerita dan pengalamannya bersama teman-teman yang lainnya.

Alifah pun berbagi harapannya akan Shopee Affiliate Program, “Harapan saya semoga Shopee semakin jaya dan bisa banyak membantu perekonomian masyarakat di Indonesia. Melalui Shopee Affiliate Program, saya ingin terus menginspirasi sesama guru honorer yang sedang berjuang secara finansial. Semoga konten yang saya buat bisa bermanfaat buat semua orang dan mengedukasi bahwa rezeki bisa didapat dari mana saja, bahkan dari rumah sekalipun melalui konten-konten yang kita ciptakan.”

Gimana, cerita Alifa bikin terinspirasi untuk mewujudkan mimpi bersama Shopee Affiliate? Nggak perlu menunggu lebih lama, langsung saja gabung dengan klik di sini atau temukan kata kunci  ‘Shopee Affiiate Program’ di fitur pencarian aplikasi Shopee. Semoga berhasil ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading