Sukses

Lifestyle

3 Rekomendasi Film tentang Perjuangan Perempuan dalam Pendidikan

Fimela.com, Jakarta Perjuangan yang dihadapi oleh perempuan karena kedudukan gender seringkali mencakup tantangan yang beragam. Salah satu aspek penting dalam perjuangan ini adalah upaya untuk mendapatkan kehidupan yang layak, yang seringkali menjadi pertarungan ekonomi dan sosial.

Banyak perempuan di seluruh dunia harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka sendiri serta keluarga mereka, dan ini bisa menjadi tugas yang sangat berat mengingat ketidaksetaraan dalam peluang kerja dan upah yang masih menjadi permasalahan serius. Di samping itu, dalam konteks pendidikan, perempuan juga seringkali menghadapi tantangan untuk mencapai kesetaraan.

Meskipun hak pendidikan telah diakui secara universal, akses perempuan ke pendidikan yang berkualitas seringkali terhambat oleh berbagai faktor seperti budaya patriarki, pernikahan anak, dan ketidaksetaraan dalam sumber daya pendidikan. Oleh karena itu, perjuangan untuk kesetaraan pendidikan adalah bagian penting dalam perjuangan yang harus dihadapi oleh banyak perempuan di seluruh dunia.

Untuk melihat gambaran perjuangan perempuan dalam aspek kehidupannya, terutama pendidikan, berikut ada rekomendasi film yang bisa Sahabat Fimela tonton. Film-film ini mengisahkan perjuangan perempuan yang begitu inspiratif.

1. Yuni (2021)

Salah satu film inspiratif tentang kisah kehidupan seorang perempuan adalah Yuni. Film yang disutradari oleh Kamila Andini ini menceritakan tentang gadis remaja yang ingin mengejar cita-citanya, yaitu melanjutkan studi hingga ke perguruan tinggi. Dalam perjalanan meraih mimpinya tersebut Yuni dihadapkan dengan berbagai macam rintangan, seperti tuntutan dari keluarganya yang mengharuskan dirinya untuk segera menikah. Yuni, seorang gadis SMA, hidup di lingkungan yang kental akan budaya patriarki yang menjadikannya sulit untuk menentukan nasibnya sendiri. Dalam film ini, Yuni merasa bahwa perempuan tidak mempunyai pilihan untuk menjalani hidup sesuai keinginannya sejak lahir.

2. Kartini (2017)

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan pahlawan nasional R.A Kartini. Kisah perjuangan pahlawan perempuan Indonesia ini dikemas dalam sebuah karya film berjudul Kartini. Film karya Hanung Bramantyo ini menceritakan tekad dan perjuangan seorang perempuan Jawa berdarah ningrat, Kartini, yang ingin mendobrak tradisi dan diskriminasi gender dalam memperoleh pendidikan tinggi. Kartini percaya bahwa perempuan juga harus mendapatkam akses pendidikan dan pengetahuan yang layak untuk masa depannya. Lika-liku perjuangan Kartini secara apik dengan penuh emosional digambarkan dalam film ini. Kartini bahkan bertekad untuk mendirikan sekolah bagi kaum bumiputera dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk rakyat Jepara.

3. Sokola Rimba (2013)

Rekomendasi film inspiratif tentang perjuangan perempuan yang terkahir adalah Sokola Rimba. Film karya sutradara Riri Reza ini diangkat dari kisah nyata Butrt Manurung bersama Suku Anak Dalam. Butet Manurung mempunyai misi untuk mengajarkan literasi dan berhitung anak-anak suku Kubu di pedalaman Jambi. Keinginan mulia Butet tersebut sempat ditentang oleh para tetua suku adat karena ia dianggap menyesatkan anak-anak. Meskipun begitu, Butet tetap gigih untuk tetap menjalankan misinya.

Itulah tiga rekomendasi film tentang perjuangan perempuan yang bisa Sahabat Fimela tonton. Film-film tersebut begitu inspiratif karena menceritakan perjuangan perempuan yang berani mendobrak stigma dan diskriminasi gender.

 

Penulis: Denisa Aulia.

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading