Sukses

Lifestyle

5 Rekomendasi Buku Bagus tentang Panduan Menulis dan Kiat Penulisan

Fimela.com, Jakarta Siapa saja bisa menulis. Hanya saja membuat tulisan yang baik jelas butuh keterampilan sendiri. Apalagi bagi kita yang punya impian menjadi penulis profesional, maka penting bagi kita untuk bisa membekali diri dengan memahami panduan menulis dan mengikuti kiat-kiat penulisan yang bisa mendukung kita untuk mewujudkan impian kita sebagai penulis.

Kali ini, Fimela punya lima rekomendasi buku bagus tentang penulisan dan proses kreatif yang terlibat di dalamnya. Ada buku yang cocok bagi kamu yang ingin menjadi penulis novel, penulis wara (copywriter), hingga penulis kreatif. Selengkapnya, langsung saja simak buku-buku pilihan berikut ini.

 

 

1. Creative Writing

Bagi kamu yang ingin menjadi penulis cerpe atau penulis novel, buku yang satu ini bisa menjadi panduan yang tepat. Di dalamnya dijabarkan sejumlah kiat dan tips praktis yang bisa langsung diikuti untuk membuat sebuah karya kreatif yang bagus. Disertai pula dengan sejumlah contoh tulisan kreatif yang bisa menambah referensi untuk membuat karyamu sendiri. Menguraikan ide lalu membuatnya sebuah karya utuh jelas butuh proses kreatif yang tak selalu mudah, dan buku Creative Writing ini bisa jadi panduan awal yang membuat proses kreatifmu terasa lebih menyenangkan.

 

 

2. Building a Story Brand

Kemampuan membuat narasi dan kemampuan bercerita yang bagus sangat perlu dimiliki oleh kamu yang ingin mewujudkan impian sebagai penulis wara (copywriter). Begitu pula bagi kita yang tertarik atau ingin bekerja di bidang yang berkaitan dengan cara membuat bisnis dan merek bisa dikenal audiens dengan lebih luas melalui kekuatan kata-kata. Di buku ini, ada konsep dasar StoryBrand yang bisa diikuti dan diterapkan untuk membuat cerita yang jelas, menarik, dan bisa memikat banyak orang. Bagi para pengusaha, penulis wara, pemasar, hingga pemilik bisnis yang ingin mengenalkan dan mempopulerkan merek mereka, membaca buku ini bisa memudahkan kita untuk memanfaatkan kekuatan cerita dengan lebih terstruktur demi mengembangkan merek atau bisnis yang ada.

 

 

3. Di Balik Tirai Aroma Karsa

Sudah pernah baca novel Aroma Karsa karya Dee Lestari dan penasaran dengan proses kreatifnya? Atau ingin tahu cara membuat novel yang bagus berdasarkan karya salah satu penulis terkenal di Indonesia? Buku Di Balik Tirai Aroma Karsa ini bisa menjadi referensi yang tepat. Di buku ini, Dee Lestari menjabarkan proses kreatifnya dengan jelas mulai dari awal hingga akhir menulis novelnya, Aroma Karsa. Proses pembuatan draf hingga cara meracik sebuah ide menjadi satu karya utuh, semuanya diuraikan dengan jelas di buku ini. Bagi kamu yang punya cita-cita menjadi penulis novel, buku ini bisa menjadi panduan awalmu. Siapa tahu kamu bakal menjadi penulis terkenal berikutnya di Indonesia dan punya novel yang bisa disandingkan dengan karya-karya Dee Lestari.

4. Buku Contagious dan The Catalyst

Buku Contagious: Rahasia di Balik Produk dan Gagasan yang Viral menguraikan banyaka hal menarik terkait faktor dan aspek-aspek yang memengaruhi konten dan produk tertentu bisa menarik perhatian lebih banyak orang.

Ada yang namanya STEPPS Framework. Dalam kerangka ini, Berger menjelaskan mengapa sesuatu bisa menjadi "menular" atau mewabah di masyarakat. STEPPS (Social Currency, Triggers, Emotion, Public, Practical Value, dan Stories) mencakup enam faktor penting yang membuat informasi bisa menyebar dengan cepat.

Bagi para pemasar, mengubah pikiran konsumen untuk bisa atau mau menggunakan dan membeli produk mereka kadang terasa sangat kompleks. Bahkan ketika sudah banyak cara diterapkan dan berbagai strategi dicoba, membuat seseorang berubah pikiran masih saja gagal. Bisa jadi karena selama ini terlalu fokus pada upaya untuk mendorong dan menyuruh, bukan menemukan inti masalah dan memberi solusi pemecahan masalah tersebut.

Contagious dan The Catalyst bisa menjadi buku yang sangat cocok dibaca untuk memahami hal-hal yang terkait dengan bidang pemasaran sekaligus memahami sisi psikologi masyarakat modern. Bagi para pemasar hingga influencer, menerapkan kerangka kerja dan saran dari kedua buku tersebut bisa menjadi strategi yang efisien untuk mencapai target yang diharapkan. Bagi para pemula yang baru terjun ke dunia pemasaran hingga orang-orang yang ingin tahu lebih banyak soal dinamika penyebaran produk, konten, dan informasi di dunia digital, kedua buku tersebut sangat direkomendasikan untuk dibaca perlahan dan dipahami setiap tips praktisnya.

5. Save the Cat! Writes a Novel

Buku Save the Cat! Writes a Novel karya Jessica Brody menyajikan panduan, langkah-langkah, dan metode yang sangat bisa diikuti untuk menghasilkan karya yang berbeda dan menarik. Kalau selama ini di antara kita ada yang masih bingung menyajikan dan membuat karya yang mengalir, langkah-langkah dan panduan di buku ini bisa diikuti. Bagi yang mengalami kebuntuan menulis (writer's block), buku ini bisa membantu kita untuk kembali melanjutkan tulisan yang kita buat.

Penulis, khususnya para calon penulis, seringkali kesulitan dalam merangkai plot tulisannya. Dalam penulisan novel atau skenario, penting untuk memiliki plot yang jelas agar bisa membuat tulisan benar-benar utuh. Di buku ini ada metode yang menggunakan templat 15 beat atau titik plot yang bisa kita jadikan panduan dalam merangkai tulisan jadi karya yang utuh. 

Save the Cat! Writes a Novel merupakan buku yang sangat membantu para penulis menciptakan karya terbaiknya. Temukan juga novel-novel terlaris (atau mungkin novel favoritmu juga) dibedah di buku ini.

Selamat membaca dan semoga impianmu menjadi penulis bisa segera terwujud, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading