Sukses

Lifestyle

7 Jenis Olahraga yang Bisa Membantumu Tetap Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Semakin beranjak usia, kondisi tubuh secara fisik akan lebih cepat merasa lelah. Gaya hidup dan pola makan pun perlu untuk diperhatikan agar tubuh bisa tetap fit dalam menjalani hari. Belum lagi dengan kondisi lingkungan, polusi, dan cuaca yang semakin tidak menentu. 

Tentunya, Sahabat Fimela pasti pernah merasakan bahwa berolahraga akan terasa begitu berat, apalagi dengan usia yang kian bertambah. Untungnya, ada beberapa jenis olahraga sederhana yang dapat dilakukan sebagai bagian dari rutinitas harianmu. Jenis-jenis olahraga ini akan berdampak positif di kemudian hari. Salah satunya bisa membuat tubuh dan kulit terlihat awet muda

Berolahraga atau latihan fisik memang memiliki manfaat yang begitu banyak untuk tubuh. Melansir dari situs Kimshealth, latihan fisik secara umum dapat meningkatkan kesehatan organ-organ tubuh, seperti jantung, paru-paru, dan otot. Latihan fisik juga dapat meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi, terutama di dalam aliran darah serta organ vital. Hal ini dapat berpengaruh pada tampilan kulit yang lebih cerah dan tubuh akan tampak awet muda

Berikut terdapat beberapa referensi jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk membuat kamu terlihat awet muda menurut situs fit and well dan kimshealth. Yuk, langsung cari tahu di bawah ini:

1. Lari

Latihan fisik pertama yang bisa dilakukan adalah berlari. Merasakan udara di pagi hari sembari melatih  fungsi otot dan tulang akan membuat tubuh terasa lebih segar, kuat, dan bertenaga. Berlari dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan di dalam tubuh manusia. Tubuh juga akan memproduksi sel-sel baru yang membuat kulit terlihat lebih muda. 

Berlari juga dapat melindungi telomer, yaitu lapisan urutan DNA di ujung kromosom yang akan mulai menipis seiring bertambahnya usia. Dengan berlari, seseorang tidak mudah terserang penyakit, peradangan, dan memperlambat penuaan. 

2. Berenang

Jenis olahraga berikutnya yaitu berenang. Olahraga ini bukan hanya memberikan latihan pada seluruh bagian tubuh, melainkan juga dapat membantu dalam hal menyembuhkan nyeri dan radang sendri. Manfaat lainnya yang bisa didapatkan adalah berenang sangat baik untuk meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kesehatan mental seseorang. Saat kamu telalh memiliki pikiran yang segar dan tubuh yang terasa lentur, maka secara otomatis kamu dapat terlihat awet muda. 

3. Bersepeda

Kini, bersepeda telah menjadi salah satu olahraga yang cukup diminati oleh banyak orang. Bersepeda dapat mempertahankan massa dan kekuatan otot seiring dengan bertambahnya usia sehingga dapat  menahan efek penuaan dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Lebih lanjut, bersepeda juga berfungsi dalam menjaga kesehatan jantung. 

Saat sedang bersepeda, apalagi bersama dengan keluarga atau kerabat terdekat, tak hanya dapat menikmati udara segar, kamu juga bisa menjaga kesehatan mental untuk hidup yang lebih bahagia. Jenis olahraga ini juga berperan dalam mengurangi stres yang berlebihan dan membuat tubuh lebih bugar. 

4. Berjalan Kaki

Sebagai olahraga yang sederhana dan dapat dilakukan segala usia, berjalan kaki bisa membantu agar tulang tetap kuat dan dapat menjaga tekanan darah supaya tetap terkendali, apalagi tulang akan mudah rapuh jika sudah bertambah usia. Olahraga ini juga bisa menjadi strategi efektif dalam mengurangi berat badan apabila dilakukan dengan teratur. 

 

5. Yoga dan Pilates

Yoga dan pilates sangat berguna untuk membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan postur tubuh, terutama ketika usia terus bertambah. Olahraga yang melibatkan gerakan tubuh secara keseluruhan ini dapat menjadi olahraga yang menenangkan dan bisa mengurangi stres. Dengan fokus pada pernapasan dalam, maka kamu pun bisa merasa jauh lebih tenang dan mengurangi segala beban pikiran yang bisa membuat tubuh menua lebih cepat.

Untuk memulainya, kamu bisa melakukannya dari rumah dan memanfaatkan video tutorial agar lebih praktis dan mudah dipelajari. Namun, jika ingin melakukan latihan secara langsung, kamu bisa mengikuti kelas dan mencari instruktur yang sudah berpengalaman di bidangnya. 

 

6. Zumba

Zumba dapat membantumu untuk membuat otak kanan dan kiri bekerja karena olahraga ini mengandalkan pada koordinasi gerakan tubuh yang memaksa kedua sisi otak untuk saling bekerja sama. Maka dari itu, zumba dapat meningkatkan fungsi kerja otak dan dapat membakar kalori. Melakukan olahraga ini juga akan terasa menyenangkan sehingga bisa membantumu untuk merasa lebih muda. Apabila ingin pilihan lain, kamu bisa memanfaatkan aerobik untuk latihan senam yang berbeda. 

 

7. Latihan Squat

Melakukan squat dapat melatih seluruh tubuh, apalagi pada bagian paha belakang, pinggul, bokong, dan paha depan. Latihan ini juga dapat membantu dalam meningkatkan keseimbangan dan tingkat koordinasi. Melalui squad, Sahabat Fimela juga dapat memperlambat penuaan dengan cara membangun kepadatan tulang. 

Ketujuh pilihan di atas dapat dilakukan oleh Sahabat Fimela untuk memulai gaya hidup sehat. Meski sering terabaikan, pada kenyataannya kesehatan diri sendiri sangat penting untuk diperhatikan. Umur yang semakin bertambah juga membuat tiap orang sering kali merasa malas untuk melakukan olahraga, padahal dengan cara ini kamu bisa mempertahankan diri agar terlihat awet muda. Jadi, jangan lupa luangkan sedikit waktumu untuk rutin berolahraga, ya! Dimulai dari langkah kecil, kamu bisa membuat perubahan yang besar. 

 

Penulis : Syifa Azzahra

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading