Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Orang Introvert yang Sering Kali Disalahpahami

Fimela.com, Jakarta Menjadi seorang introvert tentunya ingin mendambakan kehidupan yang lebih tenang dan bisa menikmati kesendirian. Istilah introvert  sering digambarkan dengan seseorang yang cenderung bisa masuk ke dalam diri mereka sendiri. Dilansir dari laman very well mind, seseorang dengan kepribadian introvert akan lebih berfokus pada pikiran, perasaan, dan suasana hati secara internal dibandingkan mencari rangsangan dari eskternal. 

Seorang introvert biasanya cenderung lebih mengawasi diri. Tidak seperti orang extrovert, biasanya setelah menghabiskan waktu di tengah banyaknya orang, seorang introvert merasa perlu untuk mengisi kembali tenaganya dengan menghabiskan waktu sendirian. Tipe kepribadian ini memang dapat dengan mudah dikenali melalui beberapa cara. Seseorang yang berkepribadian introvert akan lebih suka kesunyian, memiliki teman dekat dalam kelompok yang kecil, dan belajar melalui pengamatan. 

Nah, sejumlah kebiasaan dari introvert sering disalahpahami oleh beberapa orang, merangkum dari power of positivity, berikut uraiannya:

1. Introvert Tidak Terlalu Menyukai untuk Menghadiri Pesta

Seorang introvert memiliki kebiasaan untuk menghabiskan waktu sendiri. Mereka akan cenderung menarik diri dari kondisi sosial sehingga sebagian orang tidak terlalu menyukai tempat ramai. Jika menghabiskan waktu di tempat dengan banyak orang, rasanya akan melelahkan. Contohnya seperti di sebuah pesta atau tempat ramai lainnya, akan ada waktunya bagi mereka untuk menyendiri dan beristirahat dari semua kegiatan.

Orang-orang sering kali merasa salah paham dengan salah satu kebiasaan mereka ketika sudah menjadi pribadi yang lebih diam. Pada kenyataannya, mereka juga membutuhkan waktu untuk menenangkan diri dan mengisi ulang energi. 

2. Mereka Suka Menghabiskan Waktu di Rumah

Kebiasaan lainnya yang sering dilakukan orang introvert, yaitu dengan berdiam diri di rumah. Mereka akan lebih suka menjadi orang rumahan dibandingkan keluar untuk bersosialisasi. Seorang introvert biasanya akan memiliki hobi atau melakukan kegiatan yang sederhana di rumah. Misalnya dengan membaca buku, menonton film, atau sekadar mencoba resep baru. Dengan melakukan hal simpel tersebut, mereka bisa menemukan kesenangan tersendiri, tanpa perlu keluar rumah. 

3. Berhati-Hati dalam Pertemanan

Orang berkepribadian introvert terbiasa untuk berhati-hati dalam pertemanan mereka. Mereka bisa berteman baik dengan siapa saja, tetapi tidak akan langsung menjadi teman yang dekat. Mereka akan berhati-hati dan tidak cepat membagikan secara detail tentang diri sendiri. Namun, jika mereka sudah menemukan orang yang cocok dan tepat sebagai seorang teman, mereka akan setia dan berkomitmen pada pertemanan itu untuk waktu yang lama. Lebih lanjut lagi, orang introvert sering kali mempertahankan pertemanan yang sama sepanjang hidup mereka. 

4. Lebih Suka untuk Mengamati, Mendengarkan, dan Belajar Sebelum Bertindak

Introvert suka mengamati hal-hal di sekitar mereka. Mereka akan mempelajari diri sendiri dan orang lain dengan memperhatikan bagaimana berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, seorang inrovert bisa menilai karakter seseorang dengan baik. Selain itu, mereka akan banyak berpikir sebelum berbicara. Seorang introvert akan berhati-hati sebelum bertindak karena memikirkan pada risiko yang telah mereka perhitungkan dan pertimbangkan. 

Dalam lingkungan dan situasi sosial, introvert juga memiliki kebiasaan untuk merasakan orang dan suasanya di sekitar sehingga bisa membuat mereka rileks. Beberapa orang mungkin sering salah paham dengan kebiasaan ini karena mengira bahwa introvert tidak merasa bersenang-senang dan pendiam dalam beberapa waktu. 

5. Tidak Terlalu Menyukai untuk Berbicara di Telepon

Kebiasaan ini lebih bergantung kepada sifat dari tiap orang yang berbeda-beda. Namun, seorang introvert juga pernah merasakan bahwa mereka tidak menyukai berlama-lama berbicara melalui telepon. Ditambah lagi, jika seseorang tersebut tidak memiliki hubungan yang begitu dekat dengan mereka. Sebagian besar orang akan benar-benar menelepon jika mereka membutuhkannya dan sedang ingin berbicara dalam waktu yang lama. 

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert akan memiliki keunikan tersendiri yang membuat mereka berbeda dari orang lain. Kebiasaan-kebiasaan tersebut sering kali dapat dirasakan karena adanya sifat dari dalam diri mereka yang menyukai ketenangan. Mereka juga senang untuk merefleksikan sesuatu dan menghabiskan quality time dengan diri sendiri.

Sahabat Fimela, tetaplah menjadi diri sendiri dan berkata jujur jika kamu benar-benar tidak menginginkan sesuatu. Tidak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk memberikan kebahagiaan untuk diri sendiri.

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading