Sukses

Lifestyle

5 Rekomendasi Tempat Wisata untuk Kabur dari Cuaca Panas yang Ekstrem di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Akhir-akhir ini cuaca sedang sangat panas-panasnya, ya? Di tambah lagi dengan kualitas udara yang buruk, membuat kita jadi malas untuk keluar rumah. Menurut hasil pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu maksimum pada September 2023 di beberapa wilayah di Indonesia mencapai 35,4-38 derajat Celcius pada siang hari. BMKG juga memprediksi cuaca panas di beberapa wilayah masih akan berlangsung hingga Oktober 2023.

Cuaca panas ekstrem sangat berpengaruh terhadap hidup kita. Kondisi ini bisa membuat hidup kita jadi semakin ribet. Kita jadi mudah untuk bercucuran keringat yang mana bikin aktivitas sehari-hari jadi tidak nyaman.

Selain itu, cuaca panas yang ekstrem ini bisa membuat kita jadi mudah marah. Panasnya membuat mood kita jadi drop, sehingga kita semakin mudah kesal dengan hal-hal kecil. Belum lagi kalau lagi macet, pasti jadi makin menyebalkan.

Jika punya waktu luang, Sahabat Fimela mungkin bisa mencoba untuk pergi ke tempat yang memiliki suhu dingin. Ternyata, cuaca panas yang ekstrem ini cenderung mendorong masyarakat untuk pergi ke tempat wisata dingin di Indonesia.

Dikutip dari rilis yang diterima Fimela (19/10) dari Tokopedia, Antonia Adega, Kepala Divisi Komunikasi Tokopedia, mengatakan, "Data internal Tokopedia menunjukkan ada peningkatan penjualan tiket pesawat ke berbagai wilayah di Indonesia dengan tempat wisata dingin pada semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, seperti Malang, Bandung dan wilayah lain, dengan rata-rata peningkatan sebesar hampir 1,5 kali lipat."

Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di Indonesia yang bisa Sahabat Fimela kunjungi untuk kabur dari cuaca panas yang ekstrem ini.

1. Toba dan Samosir di Sumatra Utara

Toba dan Samosir adalah tujuan wisata yang sangat cocok buat pecinta suhu dingin. Sahabat Fimela bisa melakukan banyak aktivitas outdoot sambil menikmati keindahan alam danau terbesar di Indonesia, Danau Toba. Suhu rata-rata di Toba dan Samosir berkisar antara 17 hingga 29 derajat Celcius. Nah, untuk menuju ke sini, Sahabat Fimela bisa mendarat mendarat di Bandara Silangit dan melanjutkan perjalanan darat untuk menuju ke Toba atau menyeberang dengan kapal atau jembatan untuk ke Pulau Samosir.

2. Lembang dan Ciwidey di Jawa Barat

Tempat wisata lain yang memiliki cuaca dingin dan menjadi favorit masyarakat adalah Lembang dan Ciwidey. Terletak tidak jauh dari kota Bandung, Sahabat Fimela bisa berwisata di perkebunan stroberi dan teh, hingga pemandian air panas pada tempat ini. Kedua destiansi ini memiliki suhu rata-rata berkisar antara 18 hingga 28 derajat Celcius. Untuk menuju ke sini, Sahabat Fimela bisa mendarat di Bandara Husein Sastranegara atau turun di stasiun kereta Bandung, lalu melanjutkan perjalanan darat.

3. Tawangmangu dan Dieng di Jawa Tengah

Tawangmangu dan Dieng adalah gudangnya wisata alam, seperti air terjun dan telaga. Bagi Sahabat Fimela yang menyukai wisata alam, tempat ini bisa dijadikan pilihan untuk kabur dari cuaca panas yang ekstrem. Tawangmangu memiliki suhu rata-rata 17 hingga 22 derajat Celcius di siang hari. Untuk menuju ke sini, Sahabat Fimela bisa mendarat di Bandara Adi Soemarmo atau turun di stasiun kereta Solo, lalu melanjutkan perjalanan dengan mobil sekitar 1,5 hingga 2 jam.

Untuk menuju Dieng, Sahabat Fimela bisa mendarat di Bandara Ahmad Yani atau turun di stasiun kereta di Semarang, lalu melanjutkan perjalanan dengan mobil sekitar 2 hingga 2,5 jam. Pada siang hari, suhu rata-rata di Dieng mencapai 12 hingga 20 Celcius, sedangkan di malam hari, suhu bisa turun ke 6 hingga 10 derajat Celcius.

4. Batu dan Bromo di Jawa Timur

Terkenal memiliki banyak destinasi alam yang menawan serta suasana sejuk, Batu dan Bromo sering dipilih pelancong sebagai tujuan wisata untuk rehat dari kegiatan sehari-hari. Ada kebun binatang dan theme park di Batu, serta keindahan Gunung Bromo, yang bisa Sahabat Fimela nikamti. Pada siang hari, Batu memiliki suhu rata-rata sekitar 18 hingga 28 derajat Celcius, sedangkan Bromo memiliki suhu rata-rata sekitar 5 sampai 12 derajat Celcius.

Sahabat Fimela bisa menggunakan beberapa moda transportasi untuk mencapai kedua destinasi ini. Untuk ke Batu, Sahabat Fimela bisa mendarat di Bandara Abdul Rachman Saleh atau turun di stasiun kereta Malang Baru, lalu melanjutkan perjalanan darat. Sementara itu, jika ingin ke Bromo, Sahabat Fimela bisa mendarat di Bandara Juanda atau di stasiun kereta Pasar Turi, Surabaya, dan lanjut perjalanan darat.

5. Ubud dan Kintamani di Bali

Ubud dan Kintamani adalah wilayah dataran tinggi. Hal ini menjadikan wilayah tersebut menjadi tempat wisata yang cocok dijadikan pilihan untuk kabur dari cuaca panas ekstrem. Selain sejuk, wilayah ini juga menawarkan kekayaan alam yang luar biasa memesona. Suhu di Ubud bisa mencapai 20 derajat Celcius, sedangkan Kintamani 17 derajat Celcius. Lokasi ini bisa dijangkau dengan mendarat di Bandara Ngurah Rai Bali, ditambah perjalanan darat.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata dingin di Indonesia. Jika berencana mengunjungi tempat wisata di daerah dingin Indonesia, masyarakat diimbau mempersiapkan fashion item yang relevan dengan cuaca di lokasi tujuan, seperti long john, syal, dan coat. “Di Tokopedia, long john, syal, dan coat menjadi beberapa fashion item dengan rata-rata peningkatan tertinggi penjualan, yaitu sebesar lebih dari dua kali lipat, pada semester I 2023 dibandingkan semester I 2022,” jelas Antonia.

“Untuk terus mempermudah masyarakat bepergian ke tempat wisata, termasuk yang terletak di wilayah bersuhu rendah di Indonesia, Tokopedia menyediakan halaman khusus pembelian tiket pesawat, kereta api, hotel maupun hiburan (seperti taman hiburan lokal). Lewat halaman ini, perjalanan wisata ke tempat dingin bisa menjadi lebih terencana dan hemat karena ada cashback hingga Rp300.000 dan diskon sampai Rp1.000.000,” tambah Antonia.

 

Penulis: Denisa Aulia.

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading