Sukses

Lifestyle

3 Tips untuk Menghilangkan Bau pada Spons Cuci Piring

Fimela.com, Jakarta Bau yang tidak diinginkan yang muncul dari spons merupakan permasalahan yang umum, tetapi sangat mengganggu. Bau tersebut timbul karena adanya bakteri dan kotoran yang terperangkap di dalam spons. Dari bakteri yang terperangkap dapat menjadikan spons sebagai salah satu sarang penyakit yang berbahaya untuk kesehatan keluarga.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Markus Egert selaku ahli mikrobiologi di Universitas Furtwangen di Jerman mengungkapkan bahwa spons yang dibersihkan dengan direndam menggunakan air sabun dan microwave ternyata dapat menjadi sarang  bakteri Moraxella osloensis. Bakteri ini memang tidak bahaya dan sangat umum, tetapi bakteri ini dapat menyebabkan infeksi khususnya untuk orang yang memiliki permasalahan kesehatan seperti sistem kekebalan tubuh.

Dilansir oleh Newyorktimes.com dapur seringkali menjadi tempat di mana risiko kontaminasi silang meningkat, dan respons sistem kekebalan tubuh dapat bervariasi. Menurut banyak pakar, penularan penyakit bisa terjadi dengan mudah melalui makanan yang tidak diolah dengan baik, melalui peralatan seperti ponsel, dan juga melalui spons yang tidak bersih. Kevin Sauer dari Kansas State University, yang telah melakukan penelitian tentang kontaminasi silang di dapur, menyatakan bahwa reaksi tubuh terhadap patogen yang sama dapat bervariasi, seperti bagaimana sebuah lubang bisa merusak satu mobil, namun tidak berdampak pada mobil lainnya.

Maka dari itu, berikut adalah 3 cara membersihkan spons secara menyeluruh menurut Itsmellgood.com.

 

 

Cuka

Cuka putih biasa, suatu produk rumah tangga yang umum, terbukti sangat efektif dalam menghilangkan aroma tak sedap pada spons. Caranya cepat dan sederhana, hanya memerlukan beberapa menit perendaman untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Caranya adalah seperti:

  • Tuangkan cuka putih ke atas spons. 
  • Setelah spons benar-benar menyerap cuka, 
  • Biarkan terendam selama sekitar lima menit atau lebih,
  • Setelah itu, bilas spons dengan air hangat atau air panas, 
  • Aroma jamur yang tidak sedap akan hilang.

 

Baking Soda

Baking soda adalah alternatif alami yang dapat menggantikan penggunaan bahan kimia keras sebagai pembersih. Baking soda terbukti efektif dalam mengatasi berbagai masalah kebersihan seperti menghilangkan noda, kotoran, dan bau tak sedap. Sifat abrasif yang dimilikinya membuatnya cocok untuk tugas-tugas pembersihan sehari-hari. 

Berikut adalah cara membersihkannya:

  • Campurkan empat sendok makan baking soda dengan air hangat dan rendam spons bau di dalamnya (jika berbau tidak sedap, tambahkan beberapa sendok makan cuka ke dalam campuran tersebut),
  • Biarkan spons menyerap larutan dan biarkan di dalam campuran selama beberapa jam,
  • Bilas spons dengan air hangat yang mengalir, peras airnya, dan biarkan mengering di tempat spons semalaman sebelum digunakan kembali.

Pemutih

Spons seringkali sulit dijaga tetap bersih, walaupun terlihat begitu. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan cepat bakteri di dalam pori-pori spons, terutama dalam lingkungan lembab dapur. Salah satu solusi sederhana untuk menyediakan desinfeksi spons adalah menggunakan pemutih, yang akan menghilangkan semua jenis kuman yang menyebabkan bau tidak sedap pada spons.

Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Tuangkan air hangat (bukan panas) ke dalam mangkuk,
  • Tambahkan sekitar ½ sampai 1 sendok teh pemutih ke dalam air. Aduk hingga tercampur. Reaksi kimianya mungkin mendesis dan menggelembung,
  • Peras spons, kemudian masukkan ke dalam mangkuk. Gunakan sarung tangan untuk mencegah iritasi. Untuk hasil terbaik, biarkan spons terendam setidaknya selama 20 menit,
  • Setelah selesai merendam, bilas dengan air bersih dan biarkan mengering,

 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading