Sukses

Lifestyle

Masih Pemula Tapi Ingin Punya Gaya Hidup Sehat, 6 Rekomendasinya, Mudah Diikuti

Fimela.com, Jakarta Banyak dari kita yang ingin memiliki pencapaian untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Sayangnya masing-masing orang memiliki berbagai hambatan untuk merealisasikan pencapaian tersebut untuk gaya hidup sehat yang lebih baik. Jika kamu merasa bingung untuk memiliki gaya hidup sehat, kamu harus bisa memastikan apa tujuanmu yang ingin kamu capai.

Apakah kamu hanya tertarik untuk lebih sehat saja? Bisa juga karena kamu berkeinginan untuk terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, merasa tubuh lebih baik, ingin memiliki stamina yang lebih atau hanya ingin mencapai kesehatan yang lebih spesifik seperti ikut andil pada olahraga, bisa bermain dengan anak cucu dalam waktu yang lama, memiliki pola tidur yang baik dan teratur, mengatur kandungan gula dan nutrisi agar tidak terkena diabetes, mengurangi risiko gangguan penyakit jantung, atau mengurangi obat-obatan yang dipakai. 

Namun selamat dengan kamu berpikir demikian kamu sudah satu langkah lebih cepat untuk mendapatkan kesehatan fisik maupun mental dengan cara yang praktis, murah, dan tentunya dapat dilakukan secara perlahan. Kamu tidak perlu melakukan secara berlebihan sebab tentu saja ada proses dan ada hasil.

Jika kamu terus berusaha dan terus melakukan gaya hidup sehat, niscaya kamu akan mendapatkan manfaat lebih dari yang apa kamu lakukan. Apakah kamu juga punya kekhawatiran sebagai pemula? Tenang saja, 6 tips gaya hidup sehat yang diangkum dari Thorne ini akan membantumu untuk mulai miliki gaya hidup sehat meskipun baru pertama kali sebagai pemula. 

1) Fokus pada kesehatan dalam gaya hidup sehat

Jika kamu ingin mengubah gaya hidup termasuk manajemen terhadap berat badan, kamu harus tahu bahwa hal ini tidak hanya tentang membakar kalori begitu saja. Kamu harus mempertimbangkan hal-hal untuk menjaga berat bedan. Apakah kamu rutin berolahraga? Memiliki waktu tidur yang cukup? Melakukan kegiatan positif yang dapat menurunkan stress? Jangan hanya fokus pada kesehatan fisik saja. Kesehatan mental juga sama pentingnya. Stress dapat menjadi musuh karena dapat meningkatkan level hormon, kortisol yang juga meningkatkan makan berlebih sehingga kamu tidak dapat menjaga gaya hidup sehat. 

2. Set pencapaian realistis dan goal yang diinginkan 

Salah satu cara terbaik untuk dapat gaya hidup sehat adalah buat target yang realistis serta pencapaian yang ingin dilakukan. Jangan yang berlebihan karena hanya akan membuatmu kecewa dan menyerah untuk menerapkan gaya hidup sehat. Jika kamu punya target untuk mengurangi berat badan setidaknya capailah pengurangan BB 1 atau 2 pons setiap minggunya, kamu akan lebih termotivasi dan dapat mengikuti gaya hidup sehat. 

3. Set satu pencapaian selain berat badan agar tetap termotivasi untuk miliki gaya hidup sehat 

Secara instan mungkin kamu merasa ingin cepat-cepat mengurangi berat badan dan ingin badan segera ideal karena ingin pakai pakaian yang sesuai dengan porposi badan atau bahkan melakukan brisk walk dengan hewan peliharaan tanpa gangguan apapun. Selain karena berat badan coba set goal tujuan lain yang dapat menyehatkan badan dan tetap lakukan gaya hidup sehat. 

4) Atur dan biasakan diri dengan aktivitas harian terstruktur seperti olahraga

Rutin berolahraga akan menjadi bagian dari rutinitas harianmu. Semakin sering dilakukan  semakin baik pula. Sebaiknya juga kamu melakukan olahraga di pagi hari sebelum kamu memiliki alasan lebih untuk tidak berolahraga. Dengan menggantung baju olahraga semalam sebelum esok hari bisa menjadi motivasimu untuk memiliki gaya hidup sehat.

5) Libatkan makanan sehat pada keseharian untuk menunjang gaya hidup sehat 

Berbagai gaya hidup yang sehat sering melibatkan serta mengadopsi berbagai makanan termasuk makanan-makanan yang sehat. Apalagi saat ini banyak sekali berbagai resep menu makanan sehat yang mudah dibuat. Tidak hanya itu saja, menu-menu makanan sehat sering memberikan tips masakan antibosan dan juga memperhitungkan kandungan yang masuk, sehingga kamu tidak akan merasa bosan. 

6) Pastikan dirimu mengikuti perubahan 

Setelah kamu mengikuti tips-tips di atas secara perlahan, cobalah untuk tetap realistis. Apakah kamu sanggup dengan perubahan ini? Permasalahan yang sering dialami oleh orang-orang yang ingin mengubah gaya hidupnya adalah ketidakcocokan serta kurangnya kesadaran akan pentingnya proses menuju perubahan. Dengan gaya hidup sehat yang mengatur perubahan pola makan ini akan membuatku lebih klop dengan gaya hidup baru jangka panjang. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading