Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang yang Suka Berpikir Negatif, Tak Bahagia Melihat Orang Lain Sukses

Fimela.com, Jakarta Pikiran negatif kadang muncul di dalam diri seseorang. Ini bisa terjadi karena banyak hal. Termasuk ketika seseorang suka merasa tidak bahagia saat melihat orang lain lebih sukses darinya. 

Ketika seseorang merasa tidak bahagia atau berpikir negatif ketika melihat kesuksesan orang lain, bisa jadi ia sedang cemburu. Atau, bisa jadi ia merasa tidak puas dengan diri mereka sendiri atau apa yang dipunya selama ini. Orang yang suka berpikir negatif dan tampak tak bahagia melihat kesuksesan orang lain, sering kali menunjukkan tanda-tanda khusus. Adapun tanda tersebut antaranya sebagai berikut:

Merasa Cemburu dan Iri Hati

Orang yang suka berpikir negatif saat melihat kesuksesan orang lain seringkali merasakan cemburu dan iri hati yang kuat. Mereka merasa kesuksesan orang lain mengancam posisi atau pencapaian mereka selama ini. 

Penelitian yang diterbitkan dalam "Personality and Individual Differences" (2016) telah menunjukkan bahwa cemburu adalah reaksi emosional yang umum saat melihat kesuksesan orang lain. Namun ketika cemburu ini berlebihan, ini menunjukkan ada yang tidak beres di hati orang tersebut.

Selalu Mencari Kesalahan

Orang yang cenderung berpikir negatif saat orang lain sukses seringkali akan mencari kesalahan orang lain. Mereka mungkin mencoba untuk merendahkan prestasi orang lain atau merasa perlu untuk menunjukkan bahwa sukses tersebut tidak begitu berarti. Seseorang yang suka berpikir negatif, biasanya juga akan menilai kesuksesan orang lain adalah hal yang diperoleh dengan cara tidak benar atau salah.

Menghindari atau Mengabaikan Prestasi Orang Lain

Orang yang tidak bahagia saat melihat kesuksesan orang lain cenderung menghindari atau mengabaikan prestasi mereka. Mereka enggan untuk  memberikan pujian atau pengakuan yang seharusnya diberikan kepada orang lain. Meskipun ia tahu pencapaian tersebut luar biasa. Orang ini juga kerap berpikir negatif akan prestasi orang lain tersebut. 

Menunjukkan Reaksi Negatif

Orang yang berpikir negatif seringkali menunjukkan reaksi negatif atas keberhasilan atau kesuksesan orang lain. Mereka melihat kesuksesan sebagai hal yang menjengkelkan dan mencemaskan buatnya. Jika orang baik akan ikut bahagia dengan kesuksesan orang lain dan termotivasi mendapatkan pencapaian yang sama, orang yang tidak pernah bahagia atas kesuksesan orang lain akan merasa sangat terganggu dengan keberhasilan serta kesuksesan orang lain.

Merasa Tidak Pernah Bahagia

Orang yang cenderung berpikir negatif dan tidak bahagia melihat kesuksesan orang lain, akan rentan mengeluh dan mengganggap dirinya paling menderita. Orang ini akan merasa tidak pernah bahagia dengan dirinya sendiri. Tanpa alasan jelas, orang ini akan mudah uring-uringan, marah dan merakan kekecewaan yang mendalam. 

Itulah sekian tanda umum ketika seseorang suka berpikir negatif dan tidak bahagia saat melihat orang lain bahagia. Tanda ini juga erat kaitannya dengan orang-orang yang mudah merasa iri dengki atas kesuksesan atau kebahagiaan orang lain. Dari sini kita akan belajar untuk lebih memahami perasaan sendiri pun orang lain dan lebih bijak dalam meresponnya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading