Sukses

Lifestyle

7 Hal Ini Harusnya Tidak Dilakukan Ketika Tubuh sedang Sakit!

ringkasan

  • Minum terlalu banyak obat
  • Menggunakan resep dokter lama
  • Hindari minum kopi dan teh

Fimela.com, Jakarta Ketika sakit, tubuh terasa tak enak sehingga sulit melakukan apa-apa. Meski beberapa di antara kita mungkin sudah menyadari apa yang bolah dan tak boleh dilakukan saat sakit, beberapa yang lain perlu diingatkan untuk tidak melakukan hal tersebut. Ini sekian hal yang harusnya tak dilakukan ketika sakit.

1. Minum banyak obat

Beberapa orang berpikir semakin banyak obat yang dikonsumsi maka akan semakin cepat sembuh. Beberapa lainnya bahkan berpikir mengombinasikan obat akan lebih baik. Salah besar, bahaya terbesar yang justru terjadi adalah overdosis dan membahayakan nyawa. Pastikan selalu mengikuti instruksi atau petunjuk penggunaan yang benar.

2. Minum kopi

Beberapa orang berpikir kopi bisa menaikkan energi menjalani hari bahkan saat sedang sakit. Sayangnya, kafein dan gula dari kopi justru berbahaya diminum saat sedang sakit, karena memperparah gejala penyakit, menyebabkan dehidrasi dan menurunkan imunitas tubuh sehingga tubuh lama sembuh.

3. Menggunakan resep dokter lama

Merasa pernah memiliki obat dari resep dokter saat sakit dulu, lalu kamu minum obat tersebut adalah kesalahan besar. Dapatkan obat yang terbaru dari apotek karena obat-obatan punya masa efektif dalam mengobati penyakit. Jika digunakan sebagai pertolongan pertama saja tak masalah, namun segera periksakan diri dan mendapatkan resep baru dari dokter setelahnya.

Hal yang Harusnya Tidak Dilakukan Saat Sakit

4. Membuang ingus terlalu keras

Ketika flu, jangan membuang ingus terlalu keras hingga menekan hidung berlebihan karena bisa menimbulkan iritasi sehingga memperparah kondisi saat pilek. Bahkan memaksa membuang ingus dari hidung bisa menyebabkan infeksi sinus sehingga kondisi lebih parah.

5. Menyentuh apa pun

Jangan banyak menyentuh barang atau melakukan banyak aktivitas meski di rumah. Semakin sering menyentuh barang, semakin besar kemungkinan virus menyebar dan semakin banyak bakteri dari berbagai benda menempel di tangan dan masuk ke tubuh. Bahkan jangan menyentuh hewan peliharaan dan beradalah di ruangan terpisah dari keluarga.

6. Pergi keluar rumah

Sudah tahu sakit, sebaiknya jangan keluar rumah dulu. Istirahatlah dan tidur di rumah dengan benar. Kurangi kegiatan di luar rumah, sebisa mungkin istirahat total jika ingin cepat sembuh dan mengembalikan kekuatan tubuh. Obat juga tak akan bekerja efektif meningkatkan imun tubuh jika dirimu banyak aktivitas.

7. Olahraga

Beberapa orang masih ngotot ingin olaraga saat tubuhnya sakit. Ini keputusan buruk, karena energi yang seharusnya difokuskan untuk menyembuhan diri justru dipakai untuk aktivitas fisik. Olahraga justru bisa memperparah kondisi fisik, meningkatkan gejala dan memperlama waktu penyembuhan.

Itu dia sekian hal yang sebaiknya tidak dilakukan selama sakit. Jangan diulangi jika pernah melakukannya ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading