Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Memelihara Kucing untuk Kesehatan Mentalmu

ringkasan

  • Membantu Melepas Oksitosin dalam Tubuhmu
  • Meningkatkan Kemampuanmu dalam Bersosialisasi
  • Membantumu Mengendalikan Amarah

Fimela.com, Jakarta Suka dengan hewan kucing? Atau mungkin saat ini memelihara kucing di rumah? Ada kabar gembira nih untuk para pecinta kucing.

Memelihara kucing bisa memberi sejumlah manfaat untuk kesehatan mentalmu. Kucing bisa jadi sahabat terbaik sekaligus meningkatkan kualitas hidupmu. Selengkapnya, langsung saja simak di sini ya.

1. Membantu Melepas Oksitosin dalam Tubuhmu

Dilansir dari easyologypets.com, ketika kita menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan, maka otak kita akan melepas hormon oksitosin. Oksitosin diyakini berfungsi menciptakan perasaan tenang dan rileks. Membantu kita menstabilkan kondisi kesehatan mental kita. Stres dan rasa gelisah pun berkurang.

2. Meningkatkan Kemampuanmu dalam Bersosialisasi

Kucing termasuk hewan yang sangat peka. Memperhatikan cara mereka merespons sikap kita padanya bisa membantu kita mengontrol respons emosi kita sendiri. Kemampuan kita dalam berkomunikasi dan kepekaan kita dalam memberi respons akan meningkat. Hal ini nantinya juga bisa berpengaruh positif dalam kemampuan kita bersosialisasi dengan orang lain.

3. Membantumu Mengendalikan Amarah

Saat sedang bermain dengan kucing dan memanjakannya, kita secara tidak langsung sedang melatih diri kita untuk bisa mengendalikan amarah kita. Saat kita menenangkan kucing kesayangan kita, kita juga sedang menenangkan diri kita sendiri. Bisa sangat membantu kita untuk lebih terkendali dalam mengelola emosi dan amarah kita.

 

4. Suara Dengkuran Kucing Bisa Meredakan Kegelisahanmu

Suara kucing mendengkur (purring) ternyata bisa memberi efek positif pada kita. Membuat kita lebih rileks dan membantu meredakan kegelisahan serta stres yang kita rasakan. Ini karena suara dengkuran kucing berada pada frekuensi 25-50 Hertz. Pada sejumlah penelitian klinis, ditemukan bahwa orang yang terpapar frekuensi suara pada rentang 20-50 Hertz mendapt banyak manfaat kesehatan. Seperti meningkatnya kepadatan tulang, meredakan rasa sakit, dan mempercepat proses pemulihan otot dan tendon.

5. Mengatasi Perasaan Kesepian

Manusia memiliki kebutuhan akan sentuhan. Memelihara kucing dan bermain kucing bisa membantu memenuhi kebutuhan akan sentuhan tersebut. Bagi yang memiliki masalah mental atau emosional takut dengan sentuhan, memelihara kucing bisa memberi efek menenangkan. Bermain dengan kucing juga bisa membantu kita merasakan memberi dan menerima cinta.

Memelihara kucing memang bisa memberi sejumlah manfaat positif untuk kesehatan mental kita. Jadi, adakah Sahabat Fimela di sini yang sudah merasakan langsung manfaat positif menjadi pecinta kucing?

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading