Sukses

Lifestyle

5 Jajanan Khas Betawi yang Enaknya Juara, Mana Favoritmu?

Fimela.com, Jakarta Indonesia merupakan negara yang kaya akan kulinernya. Hampir di setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing yang menggugah selera.

Setiap daerah di Indonesia juga memiliki jajanan khas masing-masing yang enaknya juara. Bahkan, jajanan tersebut masih populer hingga saat ini. Bicara mengenai jajanan khas daerah, kali ini Fimela punya sedikit daftar jajanan khas Betawi.

Apa saja jajanan khas Betawi tersebut? Simak yang berikut ini.

Selendang Mayang, Roti Gambang dan Kue Ranggi

Selendang Mayang

Jajanan khas Betawi pertama ada selendang mayang. Ini merupakan jajanan berupa es yang bisa melepas dahaga sekaligus mengenyangkan. Es selendang mayang dibuat dari bahan dasar tepung beras yang lembut dan mengenyangkan sekaligus menyegarkan.

Roti Gambang

Ini merupakan jajanan yang biasanya berwarna cokelat dengan rasa manis dan ada taburan biji wijen di atasnya. Roti gambang memiliki aroma wangi khas kayu manis dan rasa manis khas dari gula jawa. Roti gambang sangat cocok disajikan bersama secangkir teh atau kopi panas.

Kue Ranggi

Kue ranggi juga merupakan jajanan khas Betawi. Kue ranggi disebut juga sebagai kue sagu. Kue ini terbuat dari campuran tepung sagu dan kelapa parut yang dimasak dengan cara dipanggang dan disajikan dengan siraman saus gula merah.

Putu Mayang dan Kue Leker

Putu Mayang

Jajanan selanjutnya ada putu mayang. Jajanan ini mirip dengan selendang matang namun bisa disajikan selagi hangat maupun dingin. Putu mayang terbuat dari tepung beras yang kemudian disiram dengan kuah santan dan saus gula merah.

Kue Leker

Jajanan selanjutnya ada kue leker. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dengan cita rasa manis. Ada berbagai toping yang bisa membuat kue leker semakin menggugah selera. Tak hanya populer di daerah Betawi, kue leker telah populer hingga ke seluruh penjuru daerah Indonesia.

Itulah beberapa jajanan khas Betawi yang enaknya juara dan menggugah selera. Dari sekian banyak jajanan yang ada, mana nih favoritmu Sahabat Fimela?

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading