Sukses

Lifestyle

Mati Listrik Bergilir, Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengantisipasinya

Fimela.com, Jakarta Langkah antisipasi dan persiapan biasanya dilakukan saat tengah mengalami bencana. Seperti gempa bumi misalnya, sebagian besar orang tentu akan mempersiapkan diri. Mulai dari cara menyelamatkan diri hingga bertahan hidup. Namun, masih sedikit yang melakukan antisipasi saat terjadi mati listrik.

Baru-baru ini mati listrik melanda Jakarta, Minggu (4/9). Masyarakat Jakarta menjalani aktivitas tanpa listrik dan susah sinyal selama lebih dari 6 jam. Kejadian ini termasuk paling lama yang pernah dirasakan. Tentunya kejadian ini mengganggu beragam kegiatan sehari-hari.

Setelah mati listrik pada hari Minggu, sejumlah kawasan di Jakarta dan sekitarnya kembali mengalami hal serupa pada har Senin. Mati listrik bergilir akan diberlakukan untuk alasan pemulihan. Tentu kamu tidak ingin menjalani hari dengan sulit dan gelap-gelapan saat terjadi pemadaman listrik bergilir bukan?

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tetap bertahan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari saat terjadi mati listrik bergilir, seperti dirangkum Fimela, Senin (5/8).

1. Nyalakan sumber cahaya

Ada banyak cara untuk kamu mendapatkan bantuan sumber cahaya jika hari perlahan mulai gelap. Karena mati listrik, lampu di rumah tidak berfungsi, kamu bisa menggantinya dengan lilin, senter, lampu minyak tanah, atau emergency lamp.

Menggunakan sumber cahaya pengganti saat mati listrik ini dapat melindungi dan menghindari kamu dari bahaya. Jangan lupa untuk mempersiapkan sumber cahaya cadangan agar bisa bertahan lebih lama dalam keadaan darurat.

2. Isi daya Generator

Generator akan jadi penyelamat jika terjadi mati listrik. Alat ini berfungsi menghasilkan listrik sehingga kamu tetap bisa menghidupkan lampu maupun alat elektronik lainnya. Sayangnya, generator adalah salah satu perangkat yang relatif mahal sehingga tidak setiap rumah tangga memilikinya.

Selain generator, power bank juga bisa menyelamatkan kamu saat mati listrik. Alat ini dapat menampung listrik dengan kapasitas tertentu yang dapat dimanfaatkan saat listrik padam. Jadi bagi kamu yang memiliki power bank, jangan malas untuk mengisi daya.

3. Sediakan uang tunai darurat

Saat mati listrik, banyak alat yang memanfatkan tenaga listrik tidak berfungsi, salah satunya mesin ATM. Hal ini tentu menyulitkanmu dalam bertransaksi dan mengambil uang tunai. Jadi sebelum terjadi insiden mati listrik terjadi, selalu sediakan uang tunai darurat di rumah. Simpan uang tunai darurat di tempat yang aman serta mudah diambil sewaktu-waktu.

 

Siapkan kebutuhan paling mendesak

4. Siapkan kebutuhan paling mendesak

Sebelum terjadi mati listrik, tidak ada salahnya untuk kamu menyiapkan hal-hal yang paling mendesak agar tetap bertahan. Hal tersebut diantaranya seperti makanan dan minuman yang tahan lama. Ini untuk menghindari dari kemungkinan dehidrasi nantinya. Selain itu pertimbangkan juga untuk menyiapkan obat-obatan yang dibutuhkan agar tetap sehat selama mati listrik.

 

Pergi ke luar kota

5. Pergi ke luar kota

Hal terakhir yang bisa kamu coba untuk menghadapi kehampaan saat mati listrik yaitu dengan pindah sementara ke kota lain. Alasannya, kota-kota besar bergantung pada listrik dan teknologi untuk hampir semua hal.

Bayangkan ketika mati listrik, lift gedung kamu tidak berfungsi, dan kunci pintu tidak terbuka karena itu digital. Selain itu, kamu tidak dapat menggunakan internet atau telepon untuk keluar dari rumah. Hal-hal ini tentu lebih baik kamu mencari kota lainnya untuk sementara.

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading