Sukses

Lifestyle

Mengenal Gastritis, Penyebab dan Cara Pengobatannya

Fimela.com, Jakarta Gastritis adalah penyakit lambung yang disebabkan akibat peradangan pada dinding lambung. Pada umumnya gastritis dibagi menjadi dua jenis yaitu akut dan kronis. Gastritis akut akan menyebabkan nyeri ulu hati yang hebat, namun hanya bersifat sementara.

Sedangkan gastritis kronis peradangan yang terjadi dalam waktu yang lama. Pada gastritis kronis nyeri yang dihasilkan lebih ringan, namun munculnya lebih sering. Secara umum gastritis dapat disembuhkan dengan pengobatan tertentu.

Penyebab Gastritis

Gastritis atau radang lambung umumnya disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Berikut adalah penyebab umum gastritis yang perlu diketahui.

  • Infeksi bakteri Helicobacter pylori, yang dipengaruhi pola hidup dan kebersihan lingkungan.
  • Terlalu sering mengonsumsi obat nyeri atau aspirin.
  • Terlalu sering mengonsumsi alkohol.
  • Pertambahan usia, karena semakin bertambah usia maka mukosa lambung semakin menipis.
  • Penyakit autoimun juga dapat menyebabkan gastritis, jenis gastritis ini disebut gastritis autoimun.
  • Stres yang berlebihan juga dapat menyebabkan gastritis.

Pengobatan yang Dapat Dilakukan

Gastritis akut maupun kronis dapat disembuhkan dengan pengobatan kimia, seperti obat penurun asam lambung. Mulai dari antasida, obat antihistamine-2 (H2) dan pompa penghambat proton (PPI). Selain itu dokter biasanya memberi resep cairan intravena untuk mengurangi asam lambung.

Agar gastritis tidak semakin parah, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang dapat memicu naiknya asam lambung. Makan dengan porsi sedikit namun sering sangat disarankan bagi pemilik asam lambung. Dan yang tidak kalah penting jangan berhenti minum obat tanpa seijin dokter. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

#GrowFearLess with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading