Sukses

Lifestyle

Selain Kurma, Ini 6 Makanan yang Bisa Dijadikan Takjil Saat Berbuka Puasa

Fimela.com, Jakarta Menu takjil yang paling populer biasanya adalah buah kurma dengan teh hangat. Akan tetapi, sebenarnya menu takjil bisa kamu variasikan dengan menu lain yang tidak kalah nikmat dan menyegarkan.

Ada banyak menu makanan manis yang bisa kamu jadikan takjil, mulai dari makanan kering hingga makanan yang berkuah. Pastinya menu-menu ini juga dijamin segar dan mampu melegakan rasa lapar dan haus yang kamu rasakan setelah berpuasa satu hari penuh.

Namun, satu hal yang perlu diingat, pada saat berbuka, kita memang dianjurkan makan yang manis-manis tetapi tetap harus ingat porsi. Jangan sampai kamu terlalu banyak mengkonsumsi takjil yakni, makanan manis karena tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Buat kamu yang mulai mengisi list menu apa saja untuk menjalani ibadah puasa, kamu perlu memasukkan 5 makanan ini untuk jadi hidangan takjil alternatif. Kalau kamu mulai penasaran apa saja menu makanannnya, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 makanan yang bisa dijadikan takjil saat berbuka selain buah kurma.

Kolak Pisang

Makanan pertama yang bisa kamu jadikan takjil selain buah kurma ialah kolak pisang. Makanan manis ini sangat populer pada saat bulan ramadan karena rasanya yang manis. Kolak pisang ini bisa disajikan secara hangat maupun dingin, keduanya sama-sama enak.

Cara membuat kolak pisan pun cukup mudah dan bisa kamu coba di rumah jika memiliki hobi kreasi memasak. Kolak pisang sendiri berbahan dasar pisang disertai potongan buah labu, kolang-kaling, dan kuah yang berasal dari gula merah.

Kolak pisang juga bisa dijadikan sebagai dessert atau makanan penutup setelah kamu mengkonsumsi makanan berat. Pastinya kolak pisang jadi menu cuci mulut yang tidak akan pernah mengecewakan karena rasanya yang menggiurkan dan aromanya yang harum.

Es Cincau Susu

Selanjutnya, menu selain buah kurma yang bisa kamu jadikan takjil saat berbuka ialah es cincau susu. Rasa cincau yang manis dan agak pahit tercampur sempurna dengan gurihnya susu dan segarnya es batu, sudah terbayang pasti sangat menggiurkan.

Es cincau susu bisa jadi pilihan alternatif kalau kamu bosan dengan minuman atau makanan manis yang mainstream seperti kolak atau sup buah. Cara membuatnya juga sangat mudah, kamu hanya memerlukan cincau yang sudah siap pakai, susu, es batu, dan gula merah yang dicampurkan.

Kamu boleh menjadikan es cincau susu untuk menu takjil tetapi jangan sampai mengkonsumsinya terlalu banyak karena akan membuat perutmu menjadi kembung. Selain itu, kamu juga jadi akan malas memakan makanan berat atau inti apabila terlalu banyak mengkonsumsi minuman dingin sebagai pembuka.

Puding Buah

Berikutnya ada puding buah yang bisa kamu jadikan menu takjil andalan selain buah kurma. Tentunya puding makanan sehat yang kaya serat cocok untuk jadi takjil karena rasanya juga manis. Agar tidak membosankan, kamu bisa mencampurkan buah kedalam puding atau menaruhnya diatas sebagai hiasan.

Cara membuat puding juga sangat mudah, kamu hanya memerlukan satu sachet serbuk jelly, buah, dan juga susu lalu tinggal kamu panaskan saja dan taruh dikulkas, dalam beberapa menit, puding siap disajikan.

Singkong Rebus Fla Susu Keju

Makanan selanjutnya yang bisa kamu jadikan takjil selain buah kurma adalah makanan tradisional yang sampai saat ini masih digemari banyak orang, yakni singkong rebus. Namun, kali ini dengan tampilan yang lebih variatif yakni, singkong rebus fla susu keju.

Fla susu keju disini sebagai topping tetapi untuk singkongnya bisa kamu rebus seperti biasa. Makanan ini cocok untuk kamu pecinta makanan kering anti ribet. Selain itu rasanya juga manis dan teksturnya lembut jadi mudah dikonsumsi.

Karena rasa makanan ini sudah manis maka, disarankan untuk pendampingnya kamu hanya memerlukan air putih. Ketika kamu menyandingkannya dengan minuman manis lagi pastinya itu kurang baik karena terlalu banyak mengkonsumsi yang manis-manis dapat meningkatkan kadar gula darah.

Salad Buah

Terakhir, makanan yang bisa kamu jadikan takjil ialah salad buah, menu bergizi dengan banyak buah segar. Salad buah juga sangat cocok dijadikan takjil untuk kamu yang juga sedang menjalani program diet saat berpuasa.

Memakan salad buah banyak mengandung manfaat yang baik untuk tubuh, bahkan kamu tidak perlu menambahkan gula untuk mendapatkan rasa manis dari makanan ini. Pastinya salad buah adalah menu sehat yang bisa kamu pilih untuk menjadi takjil dan hidangan berbuka puasa.

Es Kacang Merah

Bahan-bahan:

  • Kacang merah 200g (direndam dan direbus sampai lembut).
  • Gula pasir 100g.
  • Air 1L.
  • Garam secukupnya.
  • Es serut.
  • Susu kental manis (opsional).
  • Es batu.

Cara Membuat:

  1. Bersihkan kacang merah yang sudah direndam.
  2. Didihkan kacang merah dengan air hingga menjadi lunak, yang mungkin memerlukan waktu antara 1 sampai 1,5 jam, tergantung pada kualitas kacang dan air.
  3. Setelah itu, campurkan gula dan garam, aduk hingga tercampur dan gula terlarut, lalu biarkan dingin.
  4. Siapkan gelas atau mangkuk untuk penyajian.
  5. Masukkan kacang merah rebus ke dalam gelas sebagai lapisan dasar.
  6. Tambahkan es serut di atasnya.
  7. Isi gelas dengan air rebusan kacang merah hingga setengah penuh atau sesuai selera.
  8. Masukkan es batu sesuai kebutuhan.
  9. Tambahkan susu kental manis jika diinginkan.
  10. Es kacang merah siap untuk dinikmati.

Semoga berhasil dengan pembuatan es kacang merah!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading