Sukses

Lifestyle

Manfaat Adas Manis untuk Kesehatan Tubuh, Rambut dan Kulit

Fimela.com, Jakarta Adas manis adalah tanaman yang berasal dari Mediterania. Adas manis biasa digunakan untuk bahan kuliner, dan juga digunakan sebagai bahan ramaun obat.

Tanaman adas manis yang memiliki nama latin Foeniculum Vulgare Mill, merupakan salah satu jenis tanaman obat, yang sering dijadikan obat untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Adas manis berbentuk biji kering dan lonjong. Adas manis yang masih muda berwarna hijau, dan adas manis yang tua memiliki warna cokelat.

Berikut beberapa manfaat adas manis untuk kesehatan tubuh, rambut dan kulit, yang sudah Fimela rangkum dari berbagai sumber:

Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi biji adas manis bisa membantu mencegah gangguan sistem pecernaan. Adas manis memiliki kandungan yang kaya akan serat, sehingga bagus untuk dikonsumsi.

Adas manis juga bermanfaat untuk merangsang sekresi dari asam lambung, mengurangi peradangan lambung, dan mencegah terjadinya peradangan usus.

Menjaga Kesehatan Jantung

Adas manis memiliki kandungan zat nutrisi, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, karena bisa membantu menurunkan kolesterol.

Kandungan zat nutrisi yang terdapat dalam adas manis adalah kalium, serat, asam folat dan juga vitamin C.

Adas manis juga memiliki kandungan vitamin B, yang bisa membantu mencegah kerusakan pembuluh darah, yang sangat berpengaruh pada kesehatan jantung.

Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini biasanya disebabkan karena faktor usia, atau karena kulit kering, yang disebabkan karena tubuh dehidrasi.

Adas manis mengandung Vitamin C dan asam amino, bisa bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, dan juga mampu membantu meremajakan kulit.

Adas manis bisa dikonsumsi langsung, dengan cara menghancurkan daun adas manis menggunakan blender, kemudian meminum sari dari adas manis.

Mencegah Kanker

Adas manis memiliki kandungan antioksidan, yang bisa membantu menangkal radikal bebas, yang menyebabkan penyakit kanker.

Ekstrak biji adas manis memiliki kandungan flavonoid, alkaloid dan juga fenol, yang memiliki banyak manfaat.

Kandungan yang ada di dalam ekstrak biji adas manis, bisa membantu mencegah dari berbagai jenis kanker, diantaranya kanker payudara dan kanker hati.

Mencegah Penyakit Tulang

Mengonsumsi adas manis juga bisa membantu mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis, karena adas manis memiliki kandungan mineral, yang baik untuk kesehatan tulang.

Kandungan mineral yang terdapat dalam adam manis seperti kalsium, mangan, zat besi dan seng.

Selain itu adas manis juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin B9 atau asam folat, dan vitamin K untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K juga membantu tubuh menyerap kalsium yang bisa membuat tulang sehat.

Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Adas manis juga bisa membantu menjaga kesehatan mata, seperti membantu melindungi mata dari peradangan, dan membantu menghilangkan kantung mata yang hitam.

Adas manis memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Adas manis juga kaya akan kandungan vitamin C dan asam amino, yang bisa membantu mencegah penuaan dini yang mengakibatkan kantung mata hitam.

Tanaman adas manis bisa digunakan sebagai obat luar mata, untuk mengurangi iritasi dan kelelahan mata, yang disebabkan karena debu atau begadang.

Adas manis juga merupakan memiliki kandungan flavonoid, yang berguna untuk menjaga kulit area mata, dan aman untuk kesehatan mata.

Manfaat Adas Manis untuk Rambut

Adas manis bisa dijadikan minyak. Minyak dari adas manis ini bisa digunakan untuk rambut, demi menjaga kesehatan rambut.

Minyak adas manis bisa membantu membuat rambut menjadi subur, karena mambantu proses regenerasi rambut, yang disebabkan karena rambut rusak.

Jika minyak adas manis dipijat dengan baik ke kulit kepala, maka minyak adas manis bisa membantu pertumbuhan rambut, dan juga bisa membantu untuk menghilangkan ketombe.

Minyak adas manis juga memiliki sifat antiseptik dan antimikroba, yang bisa membantu menghilangkan kutu rambut, yang sangat susah dihilangkan.

Bisa Digunakan Sebagai Obat Cacing

Minyak esensial adas manis merupakan insektisida, dan juga memiliki anthelmintik yang sangat bermanfaat, untuk mencegah cacing.

Anthelmintik merupakan obat yang mampu membersihkan cacing di usus, dan jika digunakan secara rutin bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif, untuk mengobati infeksi perut yang disebabkan oleh cacing.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading