Sukses

Lifestyle

Berwudu sebelum Tidur Ternyata Ada Manfaat Positifnya untuk Tubuhmu

Fimela.com, Jakarta Bagi umat Islam, ada sunnah dari Rasulullah SAW untuk berwudu terlebih dahulu sebelum tidur. Berwudu sebelum tidur tak hanya memberi berkah tersendiri pada aktivitas tidur kita. Ternyata berwudu sebelum tidur ada manfaatnya untuk fisik tubuh kita.

Melansir almadinainstitute.org, berwudu sebelum tidur bisa membuat kita cepat terlelap karena adanya perubahan pada suhu tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa rasa mengantuk berkaitan dengan menurunnya suhu tubuh. Saat tubuh terkena air dari berwudu, maka akan ada perubahan suhu pada tubuh kita dan kondisi ini membantu kita bisa tidur lebih nyenyak.

Perubahan Suhu Tubuh Menyebabkan Kantuk

Efeknya hampir mirip dengan berendam air hangat 1-2 jam sebelum tidur. Ketika berendam atau mandi air hangat, suhu tubuh akan meningkat. Lalu saat suhu tubuh kembali turun dan menjadi normal lagi, kita akan merasa mengantuk. Sehingga memudahkan kita untuk segera tidur.

Tiap orang bisa memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda. Kita bisa memaksimalkan setiap jam tidur yang kita punya dengan membangun kebiasaan yang baik. Berwudu sebelum tidur bisa menjadi salah satu kebiasaan yang bisa mulai kita rutinkan setiap hari.

Satu lagi tips untuk mendapatkan tidur yang nyenyak adalah mengondisikan kamar menjadi lebih tenang dan sejuk. Matikan lampu dan semua gadget agar bisa tidur nyenyak dan berkualitas.

 

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading