Sukses

Lifestyle

Macam-Macam Gaya Renang yang Mudah untuk Pemula

Fimela.com, Jakarta Berenang adalah olahraga yang sangat menyenangkan. Karena kita bisa menyentuh air dengan badan, dan bermain air selama berolahraga. Berenang adalah olahraga yang sangat mudah, dan bisa dilakukan oleh siapapun, mulai dari anak kecil hingga orang tua.

Berenang memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, seperti membantu melatih otot, menyehatkan jantung, menurunkan berat badan dan menambah tinggi badan.

Pada saat berenang, semua otot di seluruh tubuh di gerakkan. Sehingga olahraga berenang merupakan pilihan olahraga yang sangat baik. Berenang sangat wajib dilakukan untuk orang tua, dan juga untuk anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan.

Berikut macam-macam gaya berenang, yang mudah dilakukan untuk pemula, dilansir dari berbagai sumber:

 

Gaya Bebas

Macam-macam gaya renang yang pertama, yaitu gaya bebas atau free swim, yang merupakan gaya renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, dan kedua lengan digerakkan ke depan seperti gerakan sedang mengayuh, lakukan secara bergantian, dan gerakkan kedua kaki naik turun secara mendatar.

Gerakan bebas saat berenang ini, sangat mudah dan bisa dilakukan oleh pemula. Jangan lupa pada saat melakukan gaya bebas, posisikan wajah sejajar permukaan air, dan sesekali ambil napas menggunakan mulut, dengan cara menyerongkan wajah ke kanan atau ke kiri.

Gaya Dada

Gaya dada merupakan gaya renang yang biasanya dimasukkan ke dalam kategori perlombaan. Gaya dada ini juga bisa dilakukan oleh seorang pemula, karena berenang dengan gaya dada sangatlah mudah. Gaya dada sering kali disamakan dengan gaya katak, karena gerakannya hampir sama dengan gaya katak ketika sedang berenang.

Cara melakukan gaya dada adalah dengan meluruskan kedua belah tangan ke depan kepala, kemudian diayunkan ke samping bawah secara bersamaan, posisikan tangan hingga sejajar dengan kepala. Kemudian berikan dorongan pada tangan, dengan mengguanakn otot bahu, dada dan trisep.

Jangan lupa untuk membuka kedua kaki melebar ke samping secacara bersamaan, pada saat posisi kedua tangan lurus. Gunakan otot bagian bawah seperti kaki, bokong dan paha.

Pada saat mulut berada sejajar dengan permukaan air, lakukan pernapasan setelah melakukan gerakan tangan dan kaki. Pernapasan juga bisa dilakukan, setelah melakukan dua kali gerakan tangan dan kaki.

Gaya Kupu-Kupu

Gaya renang yang berikutnya adalah gaya kupu-kupu, yang biasanya juga disebut dengan gaya lumba-lumba. Sebenarnya teknik gerakan gaya kupu-kupu ini hampir sama dengan gaya dada, hanya gerakan kakinya saja yang mirip dengan lumba-lumba.

Teknik berenang dengan gaya kupu-kupu adalah dengan menggerakkan kedua lengan bersama-sama ditekan ke bawah, dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke arah depan. Lalu tekan kedua belah kaki ke bawah dengan posisi menukik, saat tarikan tangan ke belakang.

Pada saat melakukan gaya kupu-kupu, pernapasan dilakukan dengan meniup udara melalui mulut dan hidung dengan kuat sebelum mengangkat kepala ke permukaan, kemudian hirup udara dengan mulut sebelum kembali masuk ke dalam air.

Gaya kupu-kupu sangat baik dan mudah dilakukan pemula, karena gaya ini bisa membantu menurunkan berat badan. Berenang dengan menggunakan gaya kupu-kupu sekitar 10 menit, bisa membantu membakar 150kalori di dalam tubuh.

Gaya Punggung

Gaya berenang yang terkahir, yang bisa dilakukan pemula adalah gaya punggung. Gaya punggung adalah gaya yang berbeda dengan yang lainnya, karena harus memposisikan tubuh terlentang menghadap ke langit dan sejajar dengan permukaan air, serta mengusahakan wajah berada di atas air, agar mudah melakukan pernapasan.

Gaya punggung bisa membantu seseorang belajar keseimbangan, melancarkan peredaran darah, dan membantu menghilangkan stres, karena gaya ini bisa membantu merelaksasikan otot.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading