Sukses

Parenting

Inilah Manfaat Berenang bagi Bayi Dibawah Usia 2 Tahun

Fimela.com, Jakarta Ketika bayi belum cukup umur untuk berjalan, mungkin hal yang mengkhawatirkan untuk membawanya ke kolam renang. Tetapi ada banyak manfaat untuk bermain air bagi seorang bayi. Berada di dalam air melibatkan tubuh bayi dengan cara yang benar-benar unik untuk menciptakan miliaran neuron baru saat bari beranang. Berikut ini adalah beberapa manfaat potensial dari waktu berenang bagi seorang bayi.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Saat berenang, bayi mengerakkan tangan mereka sambil mendang kaki mereka. Hal ini dapat membant meningkatkan kesehatan dan kekuatan otak. Sebuah studi empat tahu terhadap lebih dari 7 ribu anak oleh Griffith University di Australia, menyarankan anak-anak yang berenang memiliki kemajuan dalam perkembangan fisik dan mental jika dibandingkan dengan teman sebanya yang tidak berenang.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Sebagian besar kelas bayi meliputi elemen seperti permainan air dan lagu. Anak-anak berinteraksi satu sama lain dan dengan intruktur dan mulai belajar dalam kelompok. Sebuah studi menyarankan anak-anak berusia 4 tahun yang telah mengambil pelajaran berenang pada suatu waktu dari usia 2 bulan hingga 4 tahun lebih baik beradaptasi dengan situasi baru, memiliki kepercayaan diri yang lebih besar dan lebih mandiri daripada yang bukan perenang.

Meningkatkan Kualitas Antara Orang Tua dengan Bayi

Bahkan jika Mom memiliki lebih dari satu anak, waktu berenang yang melibatkan orang tua dalam air memperomosikan ikatan satu lawan satu. Selama pelajaran, hanya Mom dan si kecil yang fokus satu sama lain, jadi ini cara yang luar biasa untuk menghabiskan waktu berkualitas sendiri bersama.

Meningkatkan Kekuatan Otot

Waktu berenang membantu meningkatkan perekembangan otot dan kontrol penting pada bayi di usia muda. Anak-anak kecil perlu mengembangkan otot-otot yang diperlukan untuk mengangkat kepala, menggerakkan tangan dan kaki mereka. Latihan berenang memberikan manfaat internal juga dengan membuat sendi-sendi itu bergerak. Berenang juga bagus untuk kesehatan jantung dan akan membantu memperkuat jantung, paru-paru, otak dan pembuluh darah bayi.

Mengingkatkan Nafsu Makan

Semua aktivitas fisik di dalam air, serta energi yang dibutuhkan tubuh kecil mereka untuk tetap hangat, membakar banyak kalori. Mom mungkin akan melihat peningkatan nafsu makan bayi setelah waktu berenang yang teratur.

Selama melakukan latihan berenang dengan si kecil, penting untuk tetap menjaga anak, dan tetap ajaklah instruktur renang untuk bayi.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Jenis Makanan Wajib di Dalam Menu MPASI si Kecil
Artikel Selanjutnya
6 Tips Mudah Bicara pada Anak Tentang Kesehatan Mental