Sukses

Lifestyle

Manfaat Bersepeda untuk Melancarkan Program Diet

Fimela.com, Jakarta Di era new normal ini, olahraga bersepeda sangatlah populer. Bersepeda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, slah satunya membantu melancarkan program diet, yaitu membantu menurunkan berat badan.

Bersepeda termasuk ke dalam jenis olahraga cardio, yang membantu meningkatkan detak jantung, dan membantu meningkatkan proses pernafasan. Jantung memiliki fungsi untuk menyalurkan oksigen dalam aliran darah untuk membantu proses kerja otot.

Saat bersepeda, pasti memerlukan energi yang sangat banyak. Maka tubuh akan membakar lemak serta kalori yang ada di dalam tubuh, untuk membantu menurunkan berat badan, dan membantu mengecilkan perut yang buncit.

Berikut manfaat rutin bersepeda, untuk membantu melancarkan program diet, dilansir dari berbagai sumber:

Membakar Kalori

Manfaat bersepeda yang pertama, yaitu membantu pembakaran kalori, pada saat pengguna sepeda sedang melakukan program diet. Sebenarnya program diet adalah program untuk mengatur pola makan. Namun program diet harus diimbangi dengan olahraga seperti bersepeda.

Pada saat mengonsumsi makanan sehat atau tidak sehat, akan ada sejumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kalori merupakan sumber energi, tapi jika terlalu banyak kalori di dalam tubuh, maka akan membuat perut menjadi buncit dan berat badan naik.

Agar kalori tidak meningkat dan tidak menyebabkan cerat badan naik, bersepedalah minimal 30 menit, untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Rajin bersepeda bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Bersepeda termasuk olahraga jenis kardio, yang bisa membantu memperkuat otot jantung, mengontrol denyut nadi, melancarkan aliran darah dan membantu mengurangi kadar lemak darah.

Menurut sebuah penelitian, rajin bersepeda bisa membantu mengurangi polusi udara yang masuk ke dalam tubuh. Bersepeda juga bisa membantu melindungi jantung, dan membuat tekanan jantung lebih stabil.

 

Mencegah Diabetes

Bersepeda bisa membantu melancarkan program diet, bagi seseorang yang sedang menjalankan diet untuk diabetes. Diabetes merupakan penyakit kronis, yang disebabkan karena tingginya kadar gula di dalam tubuh.

Orang yang memiliki diabetes, biasanya akan lebih sering menjalankan program diet, untuk mengurangi asupan gula yang dikonsumsi setiap harinya. Orang yang memiliki penyakit diabetes, bisa terjadi karena jarang melakukan olahraga dan mengalami obesitas.

Menurut sebuah penelitian, selain harus mengurangi atau melakukan diet, seseorang yang memiliki penyakit diabetes harus bersepeda minimal 30menit dalam sehari, untuk mengurangi risiko terkena diabetes.

Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat bersepeda yang terakhir adalah, membantu menjaga kesehatan mental di era new normal ini. Seperti yang kita tahu, semenjak adanya pandemi ini, stres meningkat dikalangan masyarakat. Ada yang stres karena di rumahkan, penghasilan menurun, saudara yang terserang virus, dan masih banyak faktor lain yang menjadi penyebab stres.

Sebenarnya stres bisa hilang karena bersepeda. Pada saat bersepeda, Sahabat Fimela bisa bersepeda ke daerah yang penuh dengan hijau-hijauan seperti taman atau di hutan. Menikmati suasana alam dipercaya bisa membuat pikiran lebih jernih, dan suasana hati menjadi lebih tenang, tidak mudah marah, dan lebih bahagia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading