Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Rosemary Bagi Kesehatan, Dapat Menurunkan Gula Darah Hingga Menyehatkan Otak

Fimela.com, Jakarta Dikenal sebagai salah satu tanaman herbal, rosemary ternyata memiliki sejumlah manfaat mengejutkan yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar aromaterapi, tambahan penyedap makanan, teh, hingga minyak esensial. Hal ini karena rosemary dikenal dengan aroma harum dan rasa yang khas.

Rosemary merupakan anggota keluarga mint Lamiaceae, sama seperti oregano, thyme, basil, dan lavender. Herbal ini merupakan sumber zat besi, kalsium, dan vitamin B-6 yang baik. Sifat obat rosemary sudah lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional.

Dalam pemanfaatannya, rosemary dihadirkan dalam berbagai bentuk. Daun rosemary bisa ditemukan dalam keadaan segar, kering, atau yang sudah diekstrak baik bubuk maupun cair. Aroma herbal yang dimiliki rosemary bisa memberi ketenangan saat menghirupnya.

Nah, karena mempunyai manfaat yang cukup beragam untuk kesehatan, ada baiknya jika kamu mulai mengenal kegunaan rosemary secara lebih lengkap. Dilansir dari Liputan6.com, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat rosemary bagi kesehatan, dapat menurunkan gula darah hingga menyehatkan otak. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengandung Antioksidan yang Tinggi

Manfaat rosemary bagi kesehatan yang pertama ialah adanya kandungan antioksidan yang tinggi dan kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Antioksidan dalam rosemary didominasi oleh senyawa polifenolnya seperti asam rosmarinic dan asam carnosic.

Tidak hanya itu saja, senyawa dalam teh rosemary juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi. Daun rosemary digunakan dalam pengobatan tradisional untuk efek penyembuhan antibakteri dan luka. Sifat antioksidan dalam rosemary ini juga berpotensi mencegah pertumbuhan kanker.

Menurunkan Gula Darah

Berikutnya, manfaat rosemary bagi kesehatan tubuh yang kedua ialah dapat membantu menurunkan gula darah. Tentu saja ini merupakan kabar baik bagi para penderita diabetes. Rosemary sejak dulu memang dikenal sebagai bahan yang digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menurunkan gula darah.

Beberapa penelitian pun telah menunjukkan bahwa senyawa dalam teh rosemary dapat menurunkan gula darah. Ini berpotensi untuk mengelola gula darah tinggi di antara penderita diabetes. Asam carnosic dan asam rosmarinic diteliti memiliki efek seperti insulin pada gula darah. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan.

Mengatasi Peradangan dan Nyeri

Ketiga, manfaat rosemary lainnya yang tidak kalah baik untuk kesehatan ialah dapat mengatasi peradangan dan nyeri ringan. Manfaat ini sduah dikenal sebagai bagian dari pengobatan tradisional untuk meredakan nyeri ringan. Biasanya rosemary akan dihadirkan dalam bentuk minyak yang bisa membantu meringankan sakit sendi, peradangan, dan reaksi alergi yang menyakitkan.

Minyak rosemary dapat membantu mengurangi peradangan jaringan yang dapat menyebabkan pembengkakan, rasa sakit dan kekakuan. Selain itu, teh rosemary juga berperan dengan meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi peradangan, dan menghilangkan radikal bebas penyebab nyeri dan peradangan.

Membantu Proses Pengobatan Mata dan Merawat Pertumbuhan Rambut

Keempat, manfaat rosemary ternyata berkhasiat untuk membantu proses pengobatan pada mata. Kandungan antioksidan pada rosemary diyakini dapat menghambat perkembangan penyakit mata terkait usia. Asam carnosic yang merupakan komponen utama rosemary, secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan mata. Minum teh rosemary dapat membantu mencegah masalah mata terkait usia.

Tidak hanya itu saja, rosemary juga bisa digunakan untuk mendukung pertumbuhan rambut. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minyak atau ekstrak rosemary dapat mengurangi kerontokan rambut ketika diaplikasikan pada kulit kepala. Teh dan minyak rosemary bisa meningkatkan sirkulasi darah yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini bisa mencegah kebotakan, ketombe, rambut rontok, uban prematur, dan penipisan.

Menyehatkan Otak

Terakhir, manfaat rosemary untuk kesehatan ialah dapat menyehatkan otak. Aroma rosemary yang menenangkan dapat meningkatkan konsentrasi, kinerja, kecepatan, dan akurasi pikiran seseorang. Dengan menghirup aromanya, mood kamu juga bisa berubah menjadi lebih baik.

Sifat antioksidan dalam rosemary juga bisa mencegah timbulnya penyakit penuaan yang memengaruhi kinerja otak. Minum teh rosemary dapat membantu mengurangi hilangnya ingatan dan masalah pada otak. Senyawa asam carnosic pada rosemary dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas di otak.

Rosemary mengurangi peradangan di hippocampus, bagian otak yang terkait dengan emosi, pembelajaran, dan memori. Sudah sejak lama rosemary dijadikan pengobatan tradisional untuk mencegah alzheimer. Rosemary dapat membantu menghilangkan stres. Stres dapat menekan sistem kekebalan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading