Sukses

Lifestyle

Jenis Tanaman Herbal yang Bisa Dijadikan Warna Alami untuk Nasi

Fimela.com, Jakarta Selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, tanaman herbal bisa digunakan untuk pewarna makanan, termasuk mewarnai nasi. Agar nasi putih tidak membosankan untuk dimakan, Sahabat Fimela bisa menggunakan tanaman herbal untuk mewarnai nasi putih, karena tanaman herbal sangat aman digunakan untuk dijadikan pewarna makanan.

Nasi merupakan makanan pokok bagi orang Indonesia, yang memiliki kandungan karbohidrat, dan bisa membuat orang lebih kenyang. Berikut jenis tanaman herbal, yang bisa dijadikan warna alami untuk nasi, dilansir dari berbagai sumber:

 

Kunyit

Jenis tanaman herbal yang pertama, yaitu tanaman kunyit, yang bisa dijadikan warna kuning untuk nasi. Kunyit merupakan tanaman herbal yang tumbuh dari akar, banyak ditemukan di negara Indonesia, dan memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kunyit biasanya digunakan untuk bumbu dapur, biasanya digunakan untuk pewarna alami untuk membuat nasi kuning.

Bunga Telang

Jenis tanaman herbal yang kedua, yaitu bunga telang, yang bisa dijadikan warna biru untuk nasi. Bunga telang atau Clitoria ternatea memiliki batang yang merambat, berbentuk bulat, dan mempunyai kelopak bunga berwarna ungu.

Bunga telang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, biasanya digunakan untuk mewarnai makanan menjadi warna biru, seperti nasi atau kue.

Ubi Jalar

Jenis tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mewarnai nasi, yaitu tanaman ubi jalar, yang memiliki warna ungu.

Tanaman ubi jalar merupakan tanaman yang muncul di Indonesia, memiliki rasa yang manis, dan bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat. 

Ubi jalar biasanya dikonsumsi dengan cara direbus atau digoreng. Namun ubi jalar juga bisa diolah, untuk dijadikan pewarna makanan atau pewarna pada nasi putih.

Daun Pandan

Jenis tanaman herbal terakhir, yang bisa digunakan untuk mewarnai nasi, yaitu daun pandan. Daun pandan memiliki aroma yang wangi, yang biasanya digunaakn untuk bahan tambahan pada kue, bubur maupun kolak.

Tetapi daun pandan juga bisa digunakan, untuk mewarnai nasi putih menjadi hijau, karena daun pandan memiliki warna hijau.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Penyebab Jerawat di Dahi Yuk Cari Tahu Cara Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
Jangan Biasakan Menahan Buang Air Kecil, Dapat Menyebabkan Infeksi Saluran Kencing