Sukses

Lifestyle

Mengenal Macam-Macam Gaya Renang yang Mudah Dipelajari, Lengkap Beserta Tekniknya

Renang adalah salah satu aktivitas olahraga yang menyenangkan dan pastinya bermanfaat secara kesehatan untuk tubuh kita. Meskipun aktivitas renang lebih sering dianggap sebagai hiburan semata, namun olahraga renang ternyata juga bisa digeluti sebagai bentuk olahraga rutin bahkan dikompetisikan.

Untuk kamu yang hobi renang pasti tahu bahwa olahraga renang memiliki gaya dan tekniknya yang khas. Sering dianggap sebagai rekreasi, ternyata renang juga punya beberapa aturan dan teknik yang perlu diketahui agar kamu bisa berenang dengan baik dan tidak tenggelam.

Selain menyehatkan, renang atau berenang merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Kegiatan olahraga ini telah banyak diketahui dapat membantu memperbaiki postur tubuh serta membantu menjaga berat badan.

Nah, untuk kamu yang ingin belajar renang, ada baiknya kamu tahu tentang macam-macam gaya renang. Maka dari itu, Fimela.com kali ini akan mengulas macam-macam gaya renang yang mudah dipelajari, lengkap beserta tekniknya. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Gaya Renang Bebas

Gaya renang yang pertama yakni, gaya renang bebas yang menekankan pada kebebasan penggunaan tangan dan kaki agar Anda dapat meluncur di air. Gaya renang bebas ini tetap memiliki aturan dalam pengaplikasiannya, sekalipun namanya gaya bebas.

Mula-mula posisikan badan berada di permukaan. Kemudian posisi tangan mengayuh ke depan dan kaki menendang menyerupai gerakan gunting. Teknik pernafasan gaya berenang ini memanfaatkan posisi tangan saat berada di atas untuk mengayuh. Kepala digelengkan ke kanan atau kiri kemudian menarik nafas dengan mulut.

Gaya Renang Punggung

Berikutnya, gaya renang kedua ialah gaya renang punggung yakni, teknik renang dengan posisi tubuh terlentang menghadap atas. Posisi punggu berada di dalam air. Gerakan pada kaki dan tangah sama seperti pergerakan gaya bebas.

Perbedaan gaya renang punggung dan gaya renang bebas terletak pada arah yang berlawanan dari gerakan tangan dan kaki. Karena wajah berada menghadap atas, teknik pengambilan nafas dari gaya renang punggung lebih mudah karena dapat dilakukan kapan saja.

Gaya Renang Dada

Gaya renang selanjutnya yang ketiga adalah gaya renang dada. Istilah internasional dari gaya renang satu ini adalah breaststroke swim. Gaya renang dada ini adalah teknik berenang yang menyerupai pergerakan berenang dari katak.

Gaya renang ini akan menimbulkan pergerakan yang lebih lambat dari gaya bebas. Oleh karena itu jika kamu ingin melakukan renang dengan tempo santai, gaya ini adalah pilihan. Teknik gaya renang dada menitik beratkan pada kekuatan tangan dan kaki untuk menggerakkan tubuh ke depan. Teknik renang dada memposisikan dada menghadap permukaan air.

Kedua kaki menendang ke arah luar kemudian kedua tangan lurus ke depan. Kemudian tangan membuka ke samping untuk mendorong tubuh bergerak ke depan. Ambil nafas setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki. Gaya renang satu ini biasanya diajarkan pada perenang pemula.

Gaya Renang Kupu-Kupu

Sesuai namanya, gaya renang kupu-kupu memiliki gerakan yang mirip dengan kupu-kupu. Gaya renang satu ini telah diakui pada tahun 1933. Nama lain dari gaya renang satu ini adalah butterfly stroke. Ada pula yang menyebut gaya renang kupu-kupu sebagai gaya renang lumba-lumba. Gaya renang juga ini telah dipertandingkan pada perlombaan renang.

Teknik renang gaya kupu-kupu memposisikan dada menghadap ke air. Kemudian kedua lengan bersamaan ditekan ke bawah, ke belakang, ke arah luar, baru kemudian kembali ke depan di atas permukaan air. Pada saat tangan di tarik ke belakang, posisi kedua kaki juga ikut menekan ke bawah. Pada saat kaki dan tangan bergerak seperti ini, anda dapat mengambil nafas di atas permukaan air.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading