Sukses

Parenting

Cegah Tenggelam, 5 Tips Mengawasi Anak Saat Main di Kolam Renang

Fimela.com, Jakarta Berenang adalah salah satu aktivitas menyenangkan bagi anak-anak. Tidak hanya menjadi aktivitas untuk bermain, berenang juga bisa membantu merangsang tumbuh kembang anak.

Sebagai orangtua, sudah sepatutnya mengawasi anak kapanpun, di manapun, dan aktivitas apapun yang ia lakukan. Termasuk saat anak sedang berenang. Sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada anak, bisa langsung diatasi oleh orangtua.

Menurut data yang dihimpun oleh Centers for Disease Control and Prevention, 5 dari 200 anak meninggal akibat tenggelam di kolam renang. Kasus kematian ini terjadi ada anak di usia 1-4 tahun.

Untuk mencegah anak yang tenggelam, orangtua bisa melakukan beberapa hal berikut ini sebagai cara mengawasi anak bermain di kolam renang.

1. Pengawasan sentuh atau berada di dekat air

American Academy of Pediatrics menyarankan agar orangtua untuk tetap berada di dekat anak dengan jangkauan lengan. Memastikan pengawasan sentuhan yang konstan, baik saat mandi maupun berenang. Saat berenang, masuklah ke dalam air bersama anak. Ketika orangtua butuh untuk keluar air, bawa anak bersama orangtua. Jangan ditinggal sendirian.

 

2. Jauhkan ponsel

Tenggelam di air yang dangkal sekalipun dapat terjadi dalam dua menit. Untuk itu, jauhkan diri dari ponsel saat hendak mengawasi anak berenang. Dengan begitu, fokus orangtua hanya pada anak yang sedang berenang. Orangtua pun bisa bertindak cepat jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

3. Ambil kelas berenang

Belajar berenang tentu akan mengurangi risiko tenggelam. Sehingga tidak ada salahnya jika orangtua memasukkan anak untuk mengikuti kelas berenang sejak dini. Carilah instruktur berpengalaman yang memang biasa memberikan kelas berenang kepada anak-anak. Jika terjadi sesuatu selama sesi kelas, instruktur bisa bertindak cepat.

4. Gunakan jaket keselamatan

Banyak orangtua yang memilih menggunakan pelampung lengan untuk mencegah tenggah. Namun, pelampung lengan tidak akan membantu banyak saat anak tenggelam. Disarankan orangtua memakaikan jaket keselamatan daripada pelampung lengan untuk anak berenang.

5. Ajari anak untuk taati aturan saat berenang

Berenang di kolam renang umum maupun pribadi tentu ada sejumlah aturan yang tidak boleh dilakukan untuk menjaga keselamatan. Selain mengawasi saat berenang, orangtua juga harus mulai mengajari anak untuk memahami aturan atau hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan saat berada di dekat kolam renang. Seperti berlari dan menyelam di air dangkal. Pastikan anak-anak mengikuti aturan tersebut.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Hari Anak Nasional, Psikolog Bahas Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi
Artikel Selanjutnya
Rayakan Hari Anak Nasional dengan Bermain Bersama untuk Mengasah Kreativitasnya