Sukses

Lifestyle

5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Mulai dari Kebiasaan Kecil Sehari-hari

Fimela.com, Jakarta Kesehatan gigi dan mulut patut untuk dijaga karena jika tidak, maka masalah gigi dan mulut bisa muncul dan dampaknya bisa mengganggu kenyamanan. Menjaga kesehatan gigi ternyata tidak cukup hanya dengan menyikat gigi saja, kamu perlu kebiasaan-kebiasaan kecil lainnya.

Setiap hari kita banyak mengonsumsi makanan dan minuman, sisa makanan yang menempel pada gigi tenru harus segera dibersihkan. Apabila tidak segera dibersihkan, maka sisa makanan tersebut bisa menyebabkan karang gigi hingga bau mulut.

Menurut American Dental Association (ADA), setidaknya untuk menjaga kondisi gigi tetap prima, sikatlah gigi  dua kali selama dua menit. Menyikat gigi dan lidah dengan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi berfluoride dapat membersihkan makanan dan bakteri di mulut.

Nah, untuk kamu yang ingin lebh intens dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi bisa melihat cara-caranya berikut ini. Fimela.com akan membagikan 5 cara mudah menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Selalu Menyikat Gigi di Pagi Hari

Cara mudah yang pertama untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut ialah dengan menyikat gigi di pagi hari setelah bangun tidur. Kamu perlu tahu bahwa mulut memiliki suhu 98,6F (37C). Hangat dan basah, serta dipenuhi dengan partikel makanan dan bakteri. Ini merupakan lingkungan yang baik untuk munculnya plak. Ketika terbentuk, kemudian mengeras, akan membentuk karang gigi pada gigi.

Plak gigi tidak hanya mengiritasi gusi, tetapi juga dapat menyebabkan penyakit gusi serta menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, pastikan di pagi hari kamu selalu menggosok gigi agar membantu menyingkirkan plak yang menumpuk semalam.

Menjauhi Minuman Bersoda

Berikutnya, cara mudah menjaga kesehatan gigi dan mulut yang kedua ialah dengan menjauhi minuman bersoda. Perlu diketahui bahwa asam dalam soda dapat menyerang gigi.

Setelah asam menggerogoti enamel, asam akan kembali menyerang untuk membuat gigi berlubang, meninggalkan noda pada permukaan gigi, dan mengikis struktur bagian dalam gigi. Untuk menghindari kerusakan gigi akibat minuman bersoda, batasi minuman ringan dan rawat gigi dengan baik.

Menggunakan Pasta Gigi Flouride

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang lainnya adalah dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Ketika sedang mencari pasta gigi, ada elemen yang lebih penting untuk dicari daripada pemutih atau pun rasa. Apapun versi yang dipilih, pastikan pasta gigi tersebut mengandung fluoride.

Fluoride merupakan zat yang menjadi andalan dalam kesehatan mulut. Karena fluoride merupakan pertahanan utama untuk mengatasi kerusakan gigi. Fluoride bekerja dengan memerangi kuman yang dapat menyebabkan pembusukan, serta memberikan pelindung untuk gigi.

Mengonsumsi Buah dan Sayur yang Renyah

Selanjutnya, cara mudah menjaga kesehatan gigi dan mulut yang keempat ialah dengan rajin mengonsumsi sayuran dan buah yang renyah. Makanan siap saji memang enak, tapi mungkin tidak terlalu bagus untuk gigi. Mengonsumsi produk segar dan renyah tidak hanya bermanfaat pada kandungan serat yang lebih sehat, tetapi juga menjadi cara menjaga kesehatan gigi.

Biasakan memakan makanan yang keras sejak dini. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang terlalu lembek. Dengan begitu, gigi akan tumbuh menjadi kuat.

Banyak Mengonsumsi Air Putih

Terakhir, cara mudah menjaga kesehatan gigi dan mulut yang kelima ialah dengan banyak mengonsumsi air putih. Air putih selalu menjadi minuman terbaik untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk kesehatan mulut. Setelah makan pun dianjurkan untuk meminum air putih.

Hal ini dapat membantu menghilangkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang lengket dan asam di dalam mulut. Selan itu, kurang pula konsumsi gula dan makanan asam. Gula akan berubah menjadi asam ketika di mulut, yang kemudian dapat mengikis enamel gigi.

Asam ini yang menyebabkan gigi berlubang. Buah-buahan asam, teh, dan kopi juga dapat merusak enamel gigi. Kurangi makanan seperti itu untuk mencegah masalah pada gigi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading