Sukses

Lifestyle

Tips Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami, Cepat, dan Aman

Fimela.com, Jakarta Sakit tenggorokan memang bukan penyakit yang mematikan, tetapi penyakit yang satu ini mudah terjadi pada tubuh seseorang dan amat mengganggu kenyamanan. Saat sakit tenggorokan, biasanya kita akan kesulitan untuk menelan dan berbicara.

Sakit tenggorokan sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya bisa disebabkan oleh infeksi bakteri dan juga virus. Infeksi virus dapat menyerang seseorang jika sistem kekebalan tubuh menurun.

Biasanya sakit tenggorokan dijadikan sebagai ‘body alarm’ untuk memberi sinyal kepada kita bahwa tubuh sedang tidak baik-baik saja. Kemudian, sakit tenggorokan yang tidak segera diobati bisa menjalar menjadi penyakit lain.

Maka dari itu, kamu perlu tahu cara alami untuk mengobatinya. Fimela.com kali ini akan mengulas tips mengobati sakit tenggorokan secara alami, cepat, dan aman. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Berkumur Menggunakan Air Garam

Tips mengobati sakit tenggorokan secara alami yang pertama ialah dengan berkumur menggunakan air garam. Pada larutan air garam yang hangat ini akan mengencerkan dahak dan akan mengeluarkannya bersamaan dengan kotoran yang menempel tersebut.

Pada salah satu penelitian telah membuktikan bahwa berkumur dengan menggunakan air garam secara rutin mampu mencegah radang tenggorokan.

Untuk membuatnya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan setengah gelas air hangat lalu campurkan dengan setengah sendok makan garam. Berkumurlah dengan air garam ini beberapa kali dalam sehari.

Mengkonsumsi Campuran Air Hangat dan Madu

Tips mengobati sakit tenggorokan secara alami yang kedua ialah dengan mengkonsumsi campuran air hangat dan madu. Air hangat yang dicampurkan dengan madu sangat efektif untuk membantu meredakan radang tenggorokan. Menurut sebuah penelitian, madu sudah terbukti efektif untuk meredakan proses peradangan dan membantu menekan batuk, terutama yang terjadi saat malam hari.

Cara meracik ramuan ini sama seperti membuat air garam. Namun, saat menggunakan madu sebagai bahan campuran, pastikan untuk menggunakan madu alami yang dimana tidak menggunakan pemanis buatan di dalamnya.

Mengonsumsi Campuran Air Lemon dan Madu

Tips mengobati sakit tenggorokan secara alami yang ketiga ialah dengan mengonsumsi campuran air lemon dan madu. Kedua bahan ini bisa membantu meredakan radang tenggorokan dikarenakan adanya sifat asam dari lemon yang dipercaya dapat mengurangi bengkak pada tenggorokan dan menghambat pertumbuhan virus maupun bakteri penyebab radang tenggorokan.

Selain itu, madu juga bermanfaat dalam melapisi tenggorokan dan memiliki sifat antibakteri.

Meminum Teh Hangat

Mengonsumsi teh hangat juga bisa  membantu mengurangi atau meredakan rasa nyeri dari sakit tenggorokan. Terdapat beberapa teh herbal yang bisa digunakan. Misalnya saja teh hijau dan peppermint yang di mana memiliki sifat antibakteri dan antiradang, sehingga dapat mengurangi nyeri pada tenggorokan.

Untuk alternatifnya, kamu bisa memilih teh chamomile yang di mana juga memiliki sifat sebagai pelumas pada tenggorokan, sehingga dapat mengurangi serak atau kesulitan menelan.

Banyak Mengonsumsi Air Putih

Terakhir, tips mengobati sakit tenggorokan secara alami ialah dengan banyak mengonsumsi air putih karena bisa meringankan kondisi radang tenggorokan. Minum setidaknya dua liter air putih per hari untuk membantu meredakan keluhan radang tenggorokan.

Pastikan kamu tidak dehidrasi, karena hanya akan membuat tenggorokan semakin kering dan pada akhirnya akan memperberat radang yang terjadi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading