Sukses

Lifestyle

Resolusi adalah Bentuk Perencanaan Hidup yang Terstruktur, Pahami Cara Menyusunnya

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup, kita memerlukan perencanaan dengan membuat resolusi tiap tahun atau tiap bulan sebagai bentuk pembaharuan diri ke arah yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Resolusi adalah bagian dari rencana hidup yang biasanya disusun saat tahun baru tiba. Resolusi kerap dibuat ketika memulai kehidupan yang baru. Secara harfiah, resolusi adalah hal yang bisa merujuk pada beberapa arti yang berbeda.

Resolusi yang dimaksud di sini adalah rencana atau putudan yang bersifat menuntut tentang suatu hal. Resolusi adalah hal yang kerap diungkapkan saat menyambut tahun baru. Di tahun yang baru, resolusi dibuat untuk mengisi harapan dan apa yang harus dilakukan.

Terkadang, resolusi adalah rencana yang mudah dibuat namun sulit direalisasikan. Namun, resolusi adalah bagian penting dalam hidup agar tetap terarah dan memiliki tujuan. Resolusi adalah hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut tahun baru.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas pengertian resolusi beserta cara menyusunnya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Resolusi

Resolusi bisa diartikan sebagai ketetapan diri untuk berubah. Resolusi adalah keinginan untuk melanjutkan praktik yang baik, mengubah sifat atau perilaku yang tidak diinginkan, untuk mencapai tujuan pribadi, atau memperbaiki kehidupan mereka.

Resolusi adalah suatu tujuan yang akan dicapai, di mana seseorang dituntut untuk berusaha keras mencapai resolusi tersebut. Resolusi adalah bentuk suatu tujuan seseorang dalam menjalani kehidupannya.

Tak sedikit orang gagal mencapai resolusi yang ditetapkan karena lupa, teralihkan, atau menyerah begitu saja. Padahal resolusi bukan hanya sekadar daftar rencana tapi juga aksi yang harus dijalankan.

Arti Penting Membuat Resolusi

Bahasa otak

Salah satu fungsi terpenting otak adalah fungsi eksekutif, yaitu sekumpulan kemampuan kognitif yang berkembang untuk memungkinkan seseorang menetapkan dan mencapai tujuan.

Fungsi otak inilah yang membedakan manusia dari semua makhluk hidup lainnya. Kebanyakan makhluk lain bereaksi berdasarkan naluri. Sementara manusia mengambil tindakan berdasarkan perencanaan dan resolusinya.

Kejelasan akan tujuan

Tujuan memberimu visi dan arah. Tujuan dalam resolusi memungkinkanmu untuk merencanakan jalan ke masa depan. Tanpa tujuan, kamu berisiko membuang-buang waktu, uang, dan energi dengan perasaan bingung dan kewalahan.

Membuat merasa lebih baik

Saat ahli saraf belajar lebih banyak tentang sirkuit emosional otak, mereka menemukan bahwa salah satu reaksi emosional paling dasar adalah kebahagiaan melalui pengejaran. Terlibat aktif dalam mengejar tujuan mengaktifkan pusat kesenangan otak, terlepas dari hasilnya.

Adanya kemajuan dalam hidup

Dalam setiap aspek kehidupan manusia, seseorang mencapai kemajuan melalui penetapan tujuan seperti resolusi. Tujuan adalah yang mendorong kemajuan dalam sains, pendidikan, kedokteran, kebijakan publik, hukum, dan pemerintahan. Kemajuan di semua bidang ini terjadi ketika orang menetapkan, mengejar, dan mencapai tujuan.

Membuat tetap terkoneksi dengan orang lain

Resolusi membuat orang tetap terhubung. Sasaran bersama adalah blok fondasi tempat membangun komunitas. Dari keluarga hingga tim olahraga, dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar, dan dari gerakan sosial hingga seluruh negara, keberhasilan sebuah grup bergantung pada seberapa besar anggotanya percaya pada resolusi bersama.

Cara Menyusun Resolusi yang Baik

Buat resolusi yang lebih kecil

Kunci sukses pertama adalah memusatkan perhatian pada satu tujuan. Kemudian lakukan pemeriksaan realitas dengan cepat. Lihatlah tingkat komitmen yang diperlukan untuk mencapainya, dan pertimbangkan apakah kamu akan mampu menyamainya.

Tentukan resolusi secara spesifik

Tanpa beberapa parameter yang dapat ditentukan, niat terbaikmu bisa hilang dalam pengacakan. Semakin detail kamu terhadap satu resolusi, semakin fokus juga dirimu pada apa yang harus kamu lakukan untuk sukses. Menetapkan tujuan yang kecil dan spesifik juga membuatmu terus bersemangat. Ini membuatmu punya alasan untuk merayakan kemajuan.

Tuliskan resolusi

Orang yang menuliskan tujuan mereka merasakan rasa tanggung jawab yang lebih besar dan memiliki peluang yang jauh lebih tinggi untuk mencapainya. Taruh resolusimu di cermin kamar mandi, atau tulis di jurnal. Menulis jurnal juga dapat membantumu merefleksikan kemajuan.

Refleksi yang jujur dapat membantumu melihat bagaimana kamu mungkin menyabotase diri sendiri atau untuk mengenali pola perilaku.

Rencanakan tindak lanjut

Resolusi seharusnya tidak hanya menjadi bagian dari dari to-do-list yang kerap tak terealisasikan. Buat rencana anggaran bulanan atau jadwalkan kegiatanmu yang bisa mencapai resolusi.

Nilai kembali secara teratur

Menilai kembali tujuan selama beberapa minggu atau bulan yang diperlukan untuk mencapainya sangatlah penting. Begitu mulai membuat perubahan, kamu mungkin menemukan tujuan awal agak tidak realistis. Kamu bisa langsung mengubah tujuan sesuai keinginan. Lihatlah gaya hidup dan revisi resolusi untuk memastikan tujuan itu benar-benar sesuai.

Rayakan kesuksesan kecil

Jika fokus hanya pada permainan akhir, mudah untuk merasa kecil hati. Itulah mengapa sangat penting untuk mengenali dan menghargai kesuksesan yang lebih kecil di sepanjang jalan. Setelah setiap perjalanan panjang, hadiahi diri dengan buku bagus, musik baru, atau jalan-jalan bersama teman.

Ingatlah bahwa tidak apa-apa saat gagal

Yang terpenting adalah bagaimana kamu menanganinya. Ada orang yang menghabiskan beberapa hari merasa bersalah atas kesalahan langkah mereka, dan kemudian mereka yang mengakui kesalahan itu tetapi segera kembali ke jalurnya. Satu kemunduran seharusnya tidak membatalkan semua upayamu. Daripada gagal, cari tahu bagaimana mencegahnya terjadi lagi.

Percaya pada dirimu

Orang-orang mengatakan bahwa mereka ingin membuat resolusi, tetapi mereka tidak percaya bahwa mereka benar-benar dapat mencapainya. Jika kamu tahu bahwa kamu mampu membuat perubahan yang kamu inginkan, percayalah dengan sepenuh hati. Jika tidak, pikirkan kembali bagaimana kamu dapat menyusun atau memformat ulang resolusi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading