Sukses

Lifestyle

5 Minuman Herbal untuk Mengatasi Perut Kembung

Fimela.com, Jakarta Perut kembung adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami saat musim dingin. Perut kembung ini bisa dialami bayi maupun orang dewasa. Bahkan perut kembung bisa terjadi pada saat menstruasi atau perjalanan jauh.

Perut kembung adalah sebuah kondisi saat terjadinya penumpukan gas di dalam perut atau usus. Perut kembung juga bisa dialami seseorang saat sedang mengalami masalah sistem pencernaan, seperti sembelit yang membuat kembung dan tidak enak badan.

Selain bisa diobati menggunakan minyak atau penghangat perut, Sahabat Fimela bisa mengonsumsi minuman herbal yang terbuat dari bahan alami, untuk membantu mengatasi perut kembung.

Minuman yang terbuat dari bahan-bahan herbal, bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan tidak menyebabkan efek negatif untuk perut. Berikut minuman untuk mengatasi perut kembung, yang dilansir dari Brilio.net:

 

Penyebab Perut Kembung

Seseorang yang sedang mengalami perut kembung, biasanya akan sering mengeluarkan sendawa atau perut. Karena adanya penumpukkan gas yang berlebih di dalam perut dan usus.

Terjadinya perut kembung ini disebabkan karena mengonsumsi makanan yang terlalu banyak, mengonsumsi makanan berlemak, mengonsumsi makanan terlalu manis, minum alkohol, minum bersoda atau merokok.

Tetapi perut kembung juga bisa disebabkan karena kondisi tubuhmu sedang tidak sehat, seperti mengalami sembelit, intoleransi laktosa, penyakit tungkak lambung, hernia, infeksi usus, miom, kista dan lain sebagainya.

Cara Alami untuk Menyembuhkan Kembung

Sakit perut kembung ini bisa diatasi dengan cara alternatif atau alami. Tetapi jika perut kembung tidak kunjung sembuh, kamu bisa berkonsultasi kepada dokter untuk mencegah penyakit serius yang ditandai dengan perut kembung.

Cara untuk menyembuhkan perut kembung adalah dengan mengonsumsi makanan yang secukupnya, tidak makan terlalu cepat, kurangi mengonsumsi minuman bersoda atau beralkohol, tidak mengunyah permen karet dan kurangi mengonsumsi makanan penghasil gas.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa teknik yoga, untuk membuat sistem pencernaanmu lebih lancar dan mengurangi perut kembung. Jalan santai dan memijat perut dengan minyak, juga bisa dijadikan sebagai solusi atau cara alami untuk menghilangkan perut kembung.

Minuman untuk Menghilangkan Perut Kembung

1. Air Hangat

Minuman pertama yang bisa membantu mengatasi perut kembung adalah air putih hangat. Air hangat ini bisa membantu mengurangi gas atau di dalam perut, sehingga perut menjadi lebih nyaman dan sistem pencernaan lancar. Kamu bisa mengonsumsi air putih hangat ini di pagi hari atau saat perutmu terasa kembung.

2. Teh Chamomile

Ada beberapa jenis teh yang bisa membantu mengatasi perut kembung, salah satunya adalah teh yang terbuat dari bunga chamomile. Teh ini memiliki kandungan antioksidan, yang bisa membantu mengeluarkan gas di dalam perut, melancarkan sistem pencernaan dan bisa mengatasi sembelit.

3. Jus Lemon

Lemon adalah salah satu buah yang diperkaya dengan vitamin C dan antioksidan. Kandungan yang ada di dalam lemon ini, bisa membantu merangsang enzim pencernaan dan mempermudah kinerja usus. Selain itu, jus lemon juga bisa membantu mengeluarkan natrium di dalam tubuh, yang menyebabkan perut kembung.

4. Teh Jahe

Minuman yang selanjutnya adalah teh jahe. Walaupun rasanya sedikit pedas, tetapi perpaduan teh dengan jahe bisa mempercepat mengeluarkan gas di perut, serta mengatasi berbagai masalah pada sistem pencernaan.

5. Teh Hijau

Minuman yang terakhir adalah teh hijau. Minuman ini diperkaya dengan antioksidan dan katekin, yang bisa membantu mendetoksifikasi racun di dalam tubuh, sehingga sistem pencernaan menjadi lebih lancar dan perut tidak kembung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading