Sukses

Lifestyle

6 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Pada bulan puasa Ramadan, salah satu kebiasan kita yang bakal terlupakan adalah olahraga. Kondisi tubuh yang sedang lemas kerap menjadikan kita terlalu malas untuk berolahraga.

Asupan nutrisi yang berkurang menjadikan energi yang dibutuhkan tubuh tidak tercukupi secara penuh. Walau begitu, hal tersebut seharusnya tidak menjadi halangan untuk tetap berolahraga.

Pemilihan jenis olahraga yang dilakukan bisa sangat menentukan dalam berolahraga sambil berpuasa. Selain itu, intensitas yang tepat juga perlu untuk diperhatikan.

Dilansir dari Merdeka.com, berikut 5 jenis olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa di bulan Ramadan. Berbagai olahraga ini dijamin tidak bakal membuatmu mengalami kendala saat berpuasa.

Yoga

Yoga juga menjadi salah satu olahraga ringan yang tetap bisa kamu lakukan saat sedang puasa. Olahraga yang berfokus pada pelatihan teknik pernapasan ini akan membantu memperlancar proses penyuplaian oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke dalam otak. Yoga yang dilakukan ketika puasa akan memberikanmu ketenangan batin dan kesehatan mental yang lebih maksimal

Bersepeda

Bersepeda bisa kamu lakukan selama berpuasa baik di luar ruangan atau juga menggunakan sepeda statis. Kamu bisa melakukannya pagi hari setelah salat subuh atau sebelum buka. Kamu bisa melakukannya selama 45 menit untuk membakar sekitar 300-350 kalori.

Jogging

Jogging atau lari-lari kecil merupakan olahraga yang bisa kamu lakukan di saat puasa. Kamu bisa jogging di pagi hari saat energi masih banyak. Lakukan jogging selama 20-30 menit untuk membuat tubuhmu tetap bugar selama puasa.

Jalan Cepat

Jalan cepat menjadi alternatif olahraga ringan yang bisa kamu lakukan selama berpuasa. Kamu bisa jalan kaki keliling kompleks rumah selepas sholat subuh atau saat sore hari menjelang berbuka. Kalori yang terbakar tetap maksimal dan kebugaran tubuh pun terjaga.

Naik Turun Tangga

Memanfaatkan tangga di rumah juga bisa kamu lakukan sebagai olahraga ketika berpuasa. Kamu bisa naik turun tangga selama 10 menit dan lakukan dengan intensitas normal agar tidak dehidrasi.

Deretan olahraga tersebut bisa kamu lakukan dengan lancar sambil tetap berpuasa. Dengan melakukannya kamu bisa tetap bugar dan ibadah puasa juga tidak terganggu.

Latihan Pernafasan

Salah satu faktor penting dalam meningkatkan kualitas ibadah di bulan Ramadan adalah latihan pernafasan yang benar. Latihan pernafasan dapat membantu meningkatkan konsentrasi, ketenangan, dan fokus saat beribadah. Latihan pernafasan yang benar dapat membantu mengalirkan oksigen lebih baik ke otak, sehingga meningkatkan konsentrasi saat sholat atau membaca Al-Quran. Dengan fokus yang lebih baik, kita dapat merasakan kedekatan yang lebih intens dengan Allah SWT.

Bulan Ramadan dapat menjadi waktu yang penuh dengan aktivitas dan tuntutan, sehingga seringkali dapat menimbulkan stres dan ketegangan. Dengan latihan pernafasan yang baik, kita dapat mengurangi stres dan ketegangan, sehingga lebih mampu mengendalikan emosi dan menjalankan ibadah dengan pikiran yang tenang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading