Sukses

Lifestyle

3 Tips Diet untuk Golongan Darah O yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Ada banyak sekali jenis diet yang bisa dilakukan, untuk membantu menurunkan berat badan agar tidak obesitas. Salah satu diet yang sering dilakukana dalah diet menurut golongan darah.

Pola diet menurut golongan darah ini, bisa membantu menurunkan berat badan, meningkatkan energi dan menjaga sistem kekebalan tubuh, sesuai dengan karakter tubuh tiap golongan darah.

Orang yang memliki golongan darah O, cenderung suka makan dan sangat mudah obesitas. Tetapi orang dengan golongan darah O cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Sehingga orang bergolongan darah O lebih cocok mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein.

Diet golongan darah ini tidak terlalu susah, karena hanya mengonsumsi makanan yang boleh dikonsumsi, yang bermanfaat untuk tubuh dan menghindari makanan yang tidak cocok dengan golongan darahmu. Jika Sahabat Fimela memiliki golongan darah O, berikut tips diet yang cocok untuk golongan darah O, dilansir dari berbagai sumber:

Mengenal Diet Menurut Golongan Darah

Diet golongan darah ini dibahas oleh Peter D'Adamo, yang merupakan dokter naturapati. Menurut beliau, golong darah memiliki pengaruh yang besar terhadap sistem pencernaan. Kandungan lektin dan sejenis protein lainnya akan dioleh secara berbeda-beda oleh sistem pencernaan sesuai dengan golongan darah.

Jika mengonsumsi kandungan lektin yang tidak sesuai dengan golongan darah, maka bisa menyebabkan berat badan naik dan obesitas. Bahkan hal ini bisa menyebabkan penyakit bagi orang tersebut, seperti metabolisme tubuh yang melambat, perut kembung dan penyakit pencernaan yang lainnya.

Dalam menjalankan diet golongan darah, maka harus memperhatikan makanan yang bermanfaat yang baik untuk kesehatan, makanan netral yang bisa dikonsumsi untuk asupan tubuh, dan menghindari makanan yang dianggap racun. Sehingga tiap golongan darah harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsinya.

Tips Diet Golongan Darah O

1. Mengonsumsi Makanan yang Tepat

Makanan yang baik dikonsumsi oleh golongan darah O adalah makanan yang tinggi protein. Karena golongan darah O memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, yang kuat melawan infeksi virus. Sehingga orang dengan golongan darah O tidak mudah sakit.

Makanan berprotein yang baik untuk golongan darah O adalah daging merah, ikan makerel dan daging domba. Kemudian buah yang cocok dikonsumsi golongan darah O adalah pisang dan mangga. Untuk sayuran, golongan darah O bisa mengonsumsi sayuran daun seledri, daun bawang, kangkung, bayam, buncis dan brokoli.

Walaupun buah dan sayur bagus untuk kesehatan, tapi lebih baik golongan darah O menghindari sawi hijau, kubis, kol bunga, jamur shiitake, kentang, terong, jagung, melon, melon madu, blewah, jeruk, stroberi, kelapa dan kiwi.

2. Olahraga Sesuai Golongan Darah

Selain mengatur pola makan, tubuh juga membutuhkan aktivitas yang menyehatkan seperti olahraga. Olahraga yang dilakukan juga harus disesuaikan dengan golongan darah. Untuk golongan darah O bisa melakukan olahraga berlari, bersepeda dan berenang.

3. Mengonsumsi Suplemen

Tips diet untuk golongan darah O yang terakhir, yaitu mengonsumsi suplemen yang tepat untuk melancarkan sistem pencernaan dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Golongan darah O lebih anjurkan mengonsumsi suplemen seperti vitamin B atau suplemen kalsium, dibandingkan dengan mengonsumsi susu. Karena mengonsumsi susu bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan golongan darah O.

Risiko Diet Golongan Darah O

Setiap melakukan program diet, tentu saja bisa menyebabkan berbagai macam risiko kesehatan, jika menjalankan program diet tanpa pengawasan dokter. Kalau kamu ingin menjalankan program diet sesuai golongan darah, lebih baik konsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu.

Risiko yang bisa dialami pejuang diet golongan darah O, yaitu akan ada beberapa nutrisi yang tidak terpenuhi, yang disebabkan karena mengurangi asupan makanan atau menghindari jenis makanan tertentu.

Karena golongan darah O dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein, maka harus diimbangi juga dengan makanan berserat dan mengandung karbohidrat, agar tidak menyebabkan penyakit sembelit.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading